Cara Menonaktifkan Google Foto Di Iphone Dan Android Secara Cepat

Cara menonaktifkan google foto – Foto merupakan sebuah gambar diam yang bisa berwarna atau hitam putih dan ciptakan oleh sebuah kamera. Menurut RADARINVESTIGASI foto menjadi sangat penting karena bisa mengabadikan sebuah momen yang sangat berharga. Adapun itu sebuah momen biasa tetap jadi istimewa seiring berjalannya waktu. Sekarang ini hadir sebuah teknologi untuk menyimpan foto ini yaitu google foto. Nah pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang cara menonaktifkan google foto.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang akan kamu temukan ketika menggunakan google foto ini. Kamu bisa menyimpan banyak sekali foto tanpa harus menguras banyak penyimpanan perangkat. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kehilangan foto karena foto yang disimpan pada google foto ini sangat aman. Tapi ada beberapa kelemahan yang ditimbulkan oleh google foto ini yang membuat beberapa orang ingin menonaktifkannya.

Kelemahan google foto ini salah satunya adalah menggunakan akun. Apabila akun yang tersangkut pada google foto itu digunakan untuk bersama maka foto-foto kamu juga bisa dilihat oleh pemilik akun tersebut. Mungkin ini tidak jadi masalah besar bagi mereka yang hanya menyimpan foto-foto biasa. Tetapi ada sebagian orang yang menyimpan foto untuk rahasia jadi sangat berbahaya jika orang lain sampai mengetahuinya. Apalagi jika sampai digunakan untuk hal-hal yang negatif.

Oleh karena itu kami menghadirkan pembahasan menarik mengenai cara menonaktifkan google foto ini agar kamu semua paham. Mungkin untuk yang belum mengerti, menonaktifkan google foto ini akan sangat rumit. Akan tetapi dengan mengikuti pembahasan ini sampai selesai kamu lebih mudah dalam menonaktifkannya. Tapi sebelum itu kamu harus paham terlebih dahulu apa itu google foto. Langsung saja kita menuju ke pembahasannya.

Tentang Google Foto Yang Wajib Kamu Ketahui

Tentang Google Foto Yang Wajib Kamu Ketahui

Google foto adalah sebuah layanan penyimpanan foto dan juga berbagi secara daring yang merupakan produk pengembangan dari google itu sendiri. Pertama kali diluncurkannya aplikasi ini sudah sangat lama sekali yaitu pada tanggal 28 mei 2015. Google foto ini merupakan penerus dari fitur foto yang ada pada google itu sendiri. Sebelumnya, google foto ada jaringan sosial media yang diciptakan sebagai bentuk persaingan dari google kepada facebook.

Namun google foto tidak pernah bisa melampaui facebook dari segi kepopulerannya. RADARINVESTIGASI merasa bahwa gagalnya persaingan ini membuat google foto beralih asosiasi dari yang mulanya platform pembagian menjadi platform pustaka pribadi. Hal yang unik dan sangat bermanfaat yang bisa kamu dapat hanya pada aplikasi ini adalah pembagian resolusinya. Terdapat perbedaan antara pembagian resolusi untuk Android dan iOS. Ini tentu memiliki tujuan tersendiri seperti penyesuaian perangkat atau yang lainnya.

Pada Tahun 2016, Perusahaan googe membuat sebuah pembaruan pada google foto. Pembaruan tersebut adalah masuknya foto kedalam sebuah album yang dibuat secara otomatis ketika kamu selesai melakukan perjalanan atau acara tertentu. Sangat membantu sekali bagi kamu yang sering bermalas-malasan untuk membagi sebuah foto ke beberapa album untuk mempermudah pencarian nantinya. Selain sejarahnya yang unik, google foto juga memiliki sejumlah fitur yang tidak kalah menarik.

Salah satu hal yang membuat google foto bertahan hingga sekarang padahal sudah diluncurkan sejak lama adalah fiturnya yang sangat unggul. Selain fitur banyak juga keunggulan-keunggulan lainnya. Untuk pembahasan keunggulan ini akan kamu dapat pada pembahasan berikutnya

Setiap kelebihan juga pasti mempunyai kekurangan. Seperti halnya google foto ini juga memiliki kelemahan yang membuat tidak nyaman para penggunanya. Kelemahan ini terbagi ke berbagai macam. Macam-macam kelemahan ini juga bisa kamu temukan saat kamu membaca habis artikel ini sampai selesai.

Keunggulan dan Kelemahan Google Foto Yang Jarang Orang Ketahui

Sudah menjadi hal yang wajar ketika semakin bagus suatu barang, produk atau apapun itu, maka semakin buruk sisi gelap yang belum kita ketahui. Nah kami berharap dengan adanya pembahasan tentang keunggulan dan kelemahan google foto ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kamu untuk menggunakan aplikasi ini. Dan sebagai catatan bahwa pembahasan ini dibuat bukan untuk menyudutkan pihak tertentu.

Keunggulan

1.Penyimpanan Gratis Tanpa Biaya

Google foto sangat membantu dalam aktivitas penyimpanan foto. Khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan penyimpanan dalam perangkatnya. Dan hebatnya lagi adalah, penyimpanan ini dapat kamu akses secara gratis. Meskipun terkadang ada beberapa foto yang otomatis terkompresi karena penuhnya penyimpanan yang diberikan tetapi google foto tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang.

2.Pengelolaan Pencarian Secara Cerdas Pada Foto

Aplikasi ini akan otomatis mengelompokkan foto dan video yang kamu ambil menurut waktu,muka , tempat dan lain-lain. Sehingga Kamu tidak lagi kebingungan ketika ingin mencari sebuah foto tetapi hanya ingat sebagian detailnya saja. Karena hanya dengan mengingat objek,lokasi, atau orang yang ada di dalam foto tersebut google foto akan mempertemukan kamu dengan foto yang kamu inginkan melalui fitur pencarian cerdas.

3.Perbaikan Dan Pembaruan Terus Menerus

Untuk meminimalisir kerusakan,ketidaknyamanan dan kebosanan para penggunanya google foto melakukan perbaikan dan pembaruan secara berkala. Aplikasi ini memang benar-benar mementingkan kepuasan para penggunanya. Inovasi demi inovasi mereka rutin lakukan untuk membuat betah para penggunanya.

Kelemahan

1.Ketergantungan Pada Koneksi Internet

Kelemahan yang satu ini menjadi masalah yang cukup serius bagi mereka yang tinggal didaerah yang sulit dijangkau oleh sinyal. Atau bagi mereka yang sedang bepergian ke tempat yang tidak ada sinyal sama sekali. Sinkronisasi akan terus dilakukan untuk memuat ulang foto-foto yang sudah disimpan. Proses sinkronisasi ini membutuhkan koneksi internet. Apabila tidak ada sinyal atau tidak ada koneksi internet foto akan sulit ditampilkan.

2.Tidak Mendukung Beberapa Format File

Beberapa file yang memiliki format tertentu tidak bisa dimuat dalam google foto. File dengan format tertentu ini biasanya memiliki kelebihan khusus entah dari segi bentuknya atau ukurannya. Bentuk format yang tidak umum inilah yang membuat google foto kesulitan untuk memuatnya ke dalam penyimpanan.

Sebenarnya sudah banyak bentuk format yang dapat dimuat oleh google foto ini. Tetapi jika masalah ini tidak diperbaiki maka akan menimbulkan rasa ketidakpuasan dihati para penggunanya. Semoga saja google foto peka akan hal ini dan masalah ini akan cepat terselesaikan.

3.Keamanan Dan Penggunaan Data

Dengan menyimpan foto kedalam google foto berarti secara tidak langsung kita juga mempercayakan identitas atau keamanan privasi kita pada google. Nah hal ini masih menjadi keraguan bagi banyak orang. Mengingat keamanan yang ada bisa ditembus kapan saja oleh seseorang atau kelompok tertentu. Beberapa pengguna terus berharap kepada google foto agar lebih meningkatankan keamanannya lagi.

Langkah-langkah Menonaktifkan Google Foto Secara Lengkap

Langkah-langkah Menonaktifkan Google Foto Secara Lengkap

Ada beberapa hal yang membuat pengguna ingin menonaktifkan google foto. Aktivitas ini juga bisa menjadi sementara mungkin karena adanya beberapa kendala yang menghambat proses penyimpanan di google foto.Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita menuju pembahasan langkah-langkahnya.

1.Buka Aplikasi Google Foto

Pertama-tama untuk menonaktifkan google foto kamu harus masuk terlebih dahulu ke dalam aplikasi ini. Caranya cukup mudah yaitu sama dengan ketika kamu ingin menambahkan foto ke penyimpanan google foto. Ketik “google foto” di kolom pencarian aplikasi pada layar perangkat kamu. Apabila sudah muncul logo aplikasinya klik logo tersebut dan otomatis kamu akan berada pada halaman utama aplikasi ini. Cukup berhenti pada halaman utamanya saja ya jangan klik tambahkan foto atau yang lain sebagainya.

2.Klik Setelan Google Foto

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menuju ke pengaturan atau setelan dari google foto tersebut. Karena disitulah google foto menyimpan semua opsi pilihan untuk digunakan para penggunanya. Menu setelan ini biasanya ditempatkan di pojok kanan atas atau pojok kiri atas. Atau Kalau tetap tidak ada kamu bisa membuka halaman akun lalu scrol kebawah. Disitulah terletak pengaturan-pengaturan yang bisa kamu terapkan pada akun atau jalannya google foto seperti penghentian aplikasi.

Google foto membuat antar muka pengguna menjadi sangat mudah dipahami. Aplikasi ini mengelompokan sebuah opsi yang berkaitan pada satu tempat. Sehingga dapat meminimalisir kebingungan yang akan timbul pada penggunanya. Mungkin bagi seseorang yang sudah mengerti teknologi, hal seperti ini tidak akan menimbulkan kebingungan sedikitpun. Akan tetapi pengguna google foto juga sebagian berasal dari orang tua atau anak-anak yang belum terlalu paham akan teknologi.

3.Klik Pengaturan Backup dan Sinkronisasi

Selanjutnya kamu harus mencari menu “backup dan sinkronisasi” atau yang serupa dengan ini pada halaman setelan tadi. Mungkin membutuhkan waktu beberapa detik saja dan tidak sampai menguras tenaga kamu. Kalau tidak ingin pusing mencari menu ini ada dimana kamu hanya perlu ke bagian atas tampilan. Setiap bagian atas pada suatu halaman selalu ada kolom pencarian. Nah gunakanlah fitur pencarian ini untuk mencari menu tersebut agar menghemat waktu.

4.Nonaktifkan Menu Backup Dan Sinkronisasi

Langkah kamu hampir selesai, sekarang masuk kebagian paling penting yaitu mematikan proses jalannya google foto ini. Biasanya akan diberikan tampilan sebuah tombol yang berlogo backup atau sinkronisasi. Yang harus kamu lakukan adalah mengarahkan atau memencet tombol tersebut sampai berubah dalam bentuk non aktif atau tidak berjalan.

Dengan membuat menu backup atau sinkronisasi ini mati maka secara tidak langsung kamu juga menghentikan proses jalannya aplikasi google foto pada perangkat kamu. Mungkin karena proses backup dan sinkronisasi yang dilakukan oleh google foto ini secara otomatis, membuat foto-foto atau video yang tidak ingin di backup ikut di backup juga. Ini juga bisa jadi alasan utama para pengguna kenapa mereka memilih menonaktifkan google foto padahal memiliki segudang manfaat.

5. Konfirmasi Penonaktifan

Terakhir biasanya setelah kamu menonaktifkan lewat tombol tadi, kamu akan dimintai sebuah konfirmasi terlebih dahulu. Konfirmasi terkait benar-benar ingin menghentikan aplikasi ini atau hanya salah pencet saja. Jika kamu akan menonaktifkan maka klik saja opsi “iya” atau “oke” pada tampilan konfirmasi tadi. Bagaimana ?Cukup mudah kan.

Sampai disini saja pembahasan kita tentang cara menonaktifkan google foto. Tetap dukung RADARINVESTIGASI dengan cara selalu membaca sampai habis artikel yang kami sajikan. Dengan begitu kamu semua akan mendapat pengetahuan seputar aplikasi dan hal-hal menarik lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

Baca juga artikel terkait lainnya :