Beranda News Jawa Puluhan Wartawan Di Bekali Ilmu Jurnalis, Ini Kata Para Wartawan Senior ...

Puluhan Wartawan Di Bekali Ilmu Jurnalis, Ini Kata Para Wartawan Senior KJJT

31
0

Surabaya – Radar Investigasi | Komunitas Jurnalis Jawa Timur ( KJJT) Sebuah Komunitas Tempat Belajar para Profesi Kuli tinta (red. wartawan) Dimana KJJT tersebut bukan komunitas Abal-abal namun Tempat perkumpulan tempat belajar yang mencetak Jurnalis Yang handal dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai wartawan.

KJJT menggelar acara pelatihan perdana di latih 2 dosen jurnalis senior bertempat  di salah satu hotel Surabaya yang di ikuti puluhan wartawan yang mengikuti pelatihan tersebut

seperti yang dirilis media Daring, beritabangsa.com, Dua dosen yang juga wartawan senior berikan ilmu dan pengalamannya di Lemdik (Lembaga Pendidikan) Jurnalistik angkatan 1 tahun 2020 yang digelar KJJT (Komunitas Jurnalis Jawa Timur). Agenda tahap pertama tersebut diikuti belasan jurnalis se Jawa Timur. Sabtu (31/10/2020) siang, di Hotel Square Jl. Siwalankerto Surabaya.

KJJT yang mempunyai visi misi dan ruh meningkatkan kapasitas dan mencetak SDM (Sumber Daya Manusia), sebelum menggelar Lemdik Jurnalistik, mereka terlihat melakukan pengukuhan atau deklarasi kepengurusan.

Darmantoko, dosen lemdik jurnalistik KJJT yang mengisi Studium General mengatakan, kelemahan mendasar seorang jurnalis atau wartawan di era sekarang terletak di 3 basic elemen.

“Jurnalis minimal harus memiliki 3 basic elemen dasar, pertama wartawan harus punya pengetahuan atau sering-seringlah membaca, kedua keterampilan menulis dengan teknik, terakhir harus mempunyai mental atau attitude,” kata mantan jurnalis Surabaya Pos selama 20 tahun itu.

Sementara dosen kedua, pria yang akrab disapa Cak Amu menerangkan bahwa menulis berita yang benar dan baik itu butuh tehnik. Pria yang pernah berkarir 30 tahun di Jawa Pos dihadapan belasan jurnalis dari Jawa Timur tersebut menyampaikan tehnik menulis berita yang benar, tehnik membuat judul dan membuat lead.

“Tadi mas Darmantoko sudah menjelaskan panjang lebar tentang basic elemen dasar yang harus dipunyai seorang jurnalis. Sekarang saya menjelaskan dari sisi yang lain, yaitu tentang tehnik penulisan berita straight news yang layak tayang,” terang mantan pimpinan redaksi Jawa Pos Saudi Arabia tahun 2009.

Sebelum agenda Lemdik ditutup, rangkaian agenda dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba kemerdekaan 17 Agustus 2020 yang digelar KJJT 2 bulan yang lalu.

Untuk diketahui, agenda lemdik akan terus digelar tiap minggu hingga menghasilkan jurnalis yang handal dan kompeten dibidangnya. (Tim)