Beranda News PERWIRA NTB Jadikan Perempuan Dan Pelaku UKM Sebagai Enterprenuer Yang Handal

PERWIRA NTB Jadikan Perempuan Dan Pelaku UKM Sebagai Enterprenuer Yang Handal

9
0

Mataram.Radarinvestigasi.id Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA) adalah salah satu lembaga atau wadah bagi UKM dan untuk membantu para anggota yang tergabung mengembangkan usahanya. PERWIRA NTB yang di ketuai oleh Ibu Rohaniah Hermawati, SP merupakan seorang wanita yang selalu memberikan motivasi dan supot terhadap para pelaku usaha yang tergabung menjadi anggota PERWIRA NTB. (30/08/2020)

Dengan kegigihannya Ibu Rohaniah telah melakukan beberapa gebrakan di beberapa sektor untuk dapat mengembangkan usaha para anggotanya, baik dari segi permodalan dan pemasarannya serta cara produksi yang baik. Di bidang permodalan ibu Rohaniah telah melakukan beberapa langkah untuk dapat membantu para anggotanya agar mendapat kemudahan modal kerja.

PERWIRA NTB bersama semua anggota melakukan pertemuan dalam rangka silaturrahmi dengan para anggota sambil melakukan reviu dengan anggota dan sekaligis melakukan integritas dengan para anggota, agar para anggota yang sudah terdaftar di PERWIRA secara legal tidak bisa bergabung lagi dengan organisasi lain demi menjaga integritas salah satu lembaga atau organisasi yang telah menaungi anggota tersebut.

Menurut ketua PERWIRA NTB ibu Rohaniah Hermawati, SP bahwa sampai saat ini anggota UKM yang menjadi binaan PERWIRA NTB sudah mencapai 270 anggota yang telah terdata dalam data base kepengurusan. Itu belum termasuk UKM yang ada di DPC di setiap Kabupaten/Kota di seluruh wilayah NTB, mereka juga punya binaan masing-masing dan saat ini sedang di siapkan data basenya. Bahkan kalau di kalkulasikan dengan semua anggota yang ada di setiap DPC di Kabupaten/Kota bisa mencapai 1000 anggota, tutur ibu Ani sapaan akrab ketua PERWIRA NTB.

Mengenai eksistensi anggota dalam memasarkan produk sejauh ini masih dalam tahap pembinaan dan saat ini yang kami bina masih dalam tahapan Star Up, jika nanti sudah running bagus kita akan memilahnya. Bahkan yang sudah punya perusahaan dan produk tapi belum bisa running dan bahkan ada yang sudah maju juga, lanjut ibu ani.

PERWIRA NTB saat telah melakukan gebrakan yakni melakukan kerja sama dengan pihak Bank NTB Syariah untuk membantu permodalan para anggota dalam meningkatkan produksinya. Pihak Bank NTB Syariah telah mendatangi sekretariat PERWIRA NTB untuk meminta data para anggota dan siapa-siapa saja yang akan layak dan siap untuk di beri bantuan modal oleh Bank NTB Syariah. Bahkan pihak Bank telah melakukan survey ke beberapa anggota PERWIRA NTB bahkan dalam waktu dekat ini akan ada yang di realisasikan oleh pihak Bank untuk menyalurkan bantuan pinjaman modal. Bank NTB Syariah meripakan mitra PERWIRA NTB untuk membantu memajukan serta meningkatkan produksi anggota UKM binaan PERWIRA NTB.

Target kedepat PERWIRA NTB akan membentuk sebuah koperasi untuk anngota dalam hal ini mwrupakan target jangka panjang yang di rencanakan oleh para pengurus. PERWIRA NTB akan membentuk koperasi PEERWIRA Syariah NTB yang legalitasnya sedang di urus dan di lengkapi data-datanya. Elsa Syarif selaku ketua umum PERWIRA pusat telah meminta data kelengkapan untuk segera di kirim agar modal awal koperasi segera di berikan bahkan ada beberapa investor yang sudah siap untuk membantu memberikan dana bantuan untuk PERWIRA agar bisa membantu UKM-UKM yang ada di bawah binaan PERWIRA NTB.

PERWIRA NTB juga melakukan kerja sma dengan BPJS ketenaga kerjaan, dalam hal ini BPJD ketenaga kerjaan siap memberikan bantuan baik dalam bntuk modal kerja maupun dalam perlindungan kerja dengan iuran perbulan yang sangat terjangkau, yakni dgn premi perbulan sebesar Rp 10.000 untuk setiap anggota. Ini tentu sangat membantu para anggota UKM dan agar dalam mereka bekerja ada perlindungan diri yang di jamin oleh pemerintah melalui BPJS ketenaga kerjaan.

Adapun yang menjadi pantangan para pelaku UKM adalah masalah ijin, salah satunya ijin edar. Karena dalam memasarkan berbagai produk dari UKM harus ada ijin edar dari BPOM. Dan semua UKM yang ada dalam binaan atau anggota dari PERWIRA NTB tidak memiliki ijin edar, ini yang menjadi sekala prioritas pengurua PERWIRA NTB untuk dapat membantu para anggota agar bisa segera mendapat ijin edar dari BPOM NTB. Dari pihak BPOM NTB sendiri bahkan sudah mendatangai sekretariat PERWIRA NTB untuk membantu dalam hal prosedural-prosedural agar UKM binaan dari PEWIRA NTB segera mendapat ijin tersebut.

Harapan dari para pengurus PERWIRA NTB agar para UKM binaanya untuk selalu eksis dan tetap berproduksi meski dalam situasi pendemi skarang ini dengan cara tetap mengutamakan protokol Covid dan konek dengan pengurus agar para pengurua tetap mencari pasar untuk para anggota dan tetap belajar, bahkan PERWIRA NTB sudah menyiapkan beberapa pelatihan untuk semua anggota agar tidak monotun pada suatu kegiatan atau keterampilan saja, dan menjadi perempuan interprenuer yang hebat dan handal serta mandiri.

PERWIRA NTB juga telah melakukan kerja sama dengan pihak pihak pemerintah dan beberpa dinas. Khususnya dinas Perindustrian Kota Mataram telah memberikan bantuan kepada UKM binaan PERWIRA NTB berupa alat kepada 25 anggota beripa alat beking dan alat untuk minuman agar para anggota dapat bekerja dengan maksimal dengan hasil yang memuaskan para konsumen.

Pewarta: Yudi