Beranda Sumatra Jambi Masa Melakukan Orasi di Depan Pintu Gerbang Perkantoran Bupati Tebo Terkait Putusan...

Masa Melakukan Orasi di Depan Pintu Gerbang Perkantoran Bupati Tebo Terkait Putusan Sidang Ketua SPI Tebo

99
0

JAMBI.RADARIVESTIGASI.ID-Pada hari Kamis tanggal 5 November 2020, pukul 09 Sidang Putusan Junawal Ketua SPI Kab. Tebo di kantor pengadilan Negeri Tebo jln Lintas Tebo – Bungo DS sungai Alai ,kec Tebo tengah, Kab. Tebo dalam mengamanan untuk demo SPI tersebut hadir dari anggota TNI Kodim Bungo Tebo Polres Tebo ,Satpol PP Tebo. Hakim sidang putusan,Hakim ketua Ahmad Siregar SH, MH,Hakim 1 Silva SH, MH,Hakim 2 Cristian Simanjuntak SH,MH,Panitera Mirawati SH,Kuasa hukum Cristian Panjaitan. SH.

Adapun Lokasi yang di amankan dan dijaga oleh aparat Di Pintu utama gerbang perkantoran Bupati Tebo,pintu gerbang masuk Kantor Pengadilan Negeri Tebo
Kantor Lapas II B Tebo karena sudah di datangi kerumunan masa API.

Sdr juniwal di tuntut karena telah melanggar Pasal 170 ayat (1) KUHP pada kasus pembakaran alat berat PT. LAJ, beberapa waktu yang lallu . Sdr Juniwal di jatuhi dengan putusan hukum kurungan 3 (tiga) tahun 6 (enam).

Kemudian Masa SPI melayangkan tuntutan dalam orasinya di bawah pimpinan Sdr Sarwaji ketua SPI jambi , Serikat Petani Indonesia (SPI) Jambi , untuk menunjukkan rasa simpatisan dan Solidaritas mengawal berjalannya proses hukum Ketua SPI Kabupaten Tebo yaitu Sdr Junawal yang ditahan di Polres Tebo atas dugaan sebagai Sebab pelaku pembakaran alat berat milik PT LAJ.

Kemudian di Kantor Pengadilan Negeri Kab. Tebo, dilaksanakan Aksi mengawal Sidang Putusan Ketua SPI Kab. Tebo oleh DPW SPI Jambi yang dihadiri Hampir kurang lebih 700 orang yg terbagi menjadi Dua masa . masa di depan gerbang utama pintu masuk perkantoran Bupati ,dan di depan pintu gerbang kantor pengadilan negeri Tebo, dengan penanggung jawab Sdr Sarwadi sebagai ketua SPI Provinsi Jambi.

Seketika itu masa yg ada di depan pintu gerbang kejaksaan negeri pindah ke bundaran jln dalam perkantoran Bupati melaksanakan orasi dan istirahat ,di kawal oleh anggota TNI Kodim Bute dan anggota POLRI polres Tebo.

Pukul 10.15wib masa melanjutkan orasi dan menuju pintu gerbang utama perkantoran Bupati dengan tujuan untuk menjemput massa yg di pintu gerbang utama dan di berikan pengarahan oleh kasat sabara polres Tebo agar masa yg mengawal persidangan mengikuti protokol kesehatan.

Pada tengah hari sekitar pukul 11 30 WIB masa aksi Melakukan orasi di depan pintu gerbang utama perkantoran Bupati dan masa ingin agar yg berada di luar pintu gerbang utama di perbolehkan masuk ke perkantoran Bupati bergabung menjadi satu dengan tujuan akan menyaksikan dan mengawal persidangan di kantor Kejaksaan Negeri Tebo.

Kemudian pada Pukul 13.10wib masa aksi kembali melakukan orasi di depan pintu gerbang utama kantor bupati Tebo untuk menunggu Sidang putusan
Pukul 14.00wib di kantor pengadilan negeri Tebo berlangsung sidang secara virtual Sidang Putusan Junawal Ketua SPI Kab. Tebo.P.

Pukul 14.35 wib sidang di putuskan bahwasanya memang Sdr.Junawal terbukti melakukan tindak pidana menggunakan kekerasan terhadap barang dan di jatuhi pidana penjara terhadap Junawal selama 4 Tahun 6 Bulan.

Setelah itu masa aksi Pimpinan SPI sarwaji ketua SPI jambi Masih melakukan orasi di depan pintu utama gerbang perkantoran Bupati situasi kondusif dan aman . Bahwa aksi unjuk rasa tersebut merupakan bentuk solidaritas Ormas SPI terhadap Ade. Junawal ketua SPI Kab. Tebo, Massa berharap dengan aksi tersebut

“Ancaman hukum pidana terhadap Sdr Juniwal telah diputuskan oleh pengadilan Negeri Tebo selama 4,5 Tahun hal tersebut dilakukan dengan menimbang bukti dan saksi yg ada,” ungkap. (Beni Satria)