Beranda Tak Berkategori Lagi Marak, Hati-Hati Situs Mengatasnamakan Prakerja.go.id Teryata Hoax !

Lagi Marak, Hati-Hati Situs Mengatasnamakan Prakerja.go.id Teryata Hoax !

46
0

Banyuwangi – Radar Investigasi | situs mengatasnamakan Prakerja dengan menggunakan domain http://vip-09[dot]fit/j/?c=job”  ternyata hoax terdeteksi adanya serangan Phishing. Situs resmi tentang Kartu Prakerja dapat diakses di prakerja.go.id.

situs hoax

Penelusuran Radar Investigasi, Situs tersebut mengarah meminta Data pribadi dan nomer ponsel serta membagikan ke kontak WhatsApp sebanyak 5 kali usai membagikan link tersebut, akan di arahkan kesalahan satu situs permainan kartu.

tidak hanya situs http://vip-09[dot]fit/j/?c=job”, berita sebelumnya , Radar Investigasi menelusuri situs yang mengatasnamakan Prakerja diantaranya juga berdomain www.prakerja[dot]VIP,  http://vip-32[dot]fit/j/?c=job, juga serupa hanya mengambil data user saja.

di kutip dari https://turnbackhoax.id/, menyebutkan, Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Situs tersebut palsu, dibuat beberapa hari yang lalu dan terdeteksi adanya serangan Phishing. Situs resmi tentang Kartu Prakerja dapat diakses di prakerja.go.id.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Whatsapp

= = = = =

NARASI:

Daftar Prakerja Sekarang

http://vip-09[dot]fit/j/?c=job”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan pesan berantai tentang pendaftaran Kartu Prakerja dengan beberapa petunjuk untuk mengakses sebuah website yaitu http://vip-09[dot]fit/j/?c=job, kemudian petunjuk tersebut meminta untuk memasukkan beberapa data pribadi. Beberapa pesan berantai serupa sudah beredar sejak 10 Oktober 2020 dengan link website yang berbeda.

Berdasarkan penelusuran terhadap website tersebut, menurut hasil pemindaian oleh FortiGuard bahwa website tersebut terindikasi melakukan serangan Phishing. Website tersebut juga diketahui baru saja dibuat pada 15 Oktober 2020 dan berserver di Tiongkok. Phishing adalah sebuah taktik yang digunakan oleh peretas untuk mengelabui korban hingga memberikan data penting seperti data pribadi, akun, password, hingga nomor kartu kredit.

Salah satu cara untuk mengenali Phishing adalah dengan memperhatikan link yang tidak diawali dengan https dan tidak diakhiri (berdomain) .com, .co.id, .id, .edu, dan sebagainya. Semua informasi, langkah pendaftaran, dan pendaftaran Kartu Prakerja dapat diakses pada situs resmi prakerja.go.id. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan bantuan Kartu Prakerja harus melalui verifikasi data dan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Melihat dari penjelasan tersebut, pesan berantai pendaftaran Kartu Prakerja melalui website http://vip-09[dot]fit/j/?c=job adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten Palsu/Fabricated Content. (Red)