Beranda Kabar HuKrim Iklan Shopee Bikin Penggemar Girlband Geram, Ini Alasanya

Iklan Shopee Bikin Penggemar Girlband Geram, Ini Alasanya

87

#ShopeeBikinMalu kini sedang ramai dibicarakan para netizen. Pasalnya iklan terbaru Shopee dinilai meniru lagu Dolphin milik girlband asal Korea Selatan yakni, OH MY GIRL.

Iklan yang dimaksud adalah iklan Shopee Fashion Sale 3.3 yang diunggah pada 8 Februari 2021 melalui kanal YouTube Shopee Indonesia.

Iklan tersebut dibintangi oleh Nikita Willy, Adipati Dolken, Beby Tsabina, Bryan Domani dan Anya Geraldine. Irama serta melodi yang mengiringi iklan tersebut dinilai terdengar seperti lagu Dolphin sehingga membuat netizen khususnya penggemar dari grup ini geram.

Iklan tersebut pun dibanjiri dengan komentar dari netizen. Baik di kolom komentar di video YouTube atau cuitan di Twitter yang bertagar #ShopeeBikinMalu.

Sampai saat ini belum ada klarifikasi dari pihak Shopee. Para netizen kerap

Pada awal Februari 2021, media sosial sempat membincangkan pelaku kekerasan seksual yang mencari korban perempuan di layanan aplikasi kencan online. Salah satu jenis kekerasan seksual berbasis gender online (KBGO) ialah korban menerima video berkonten pornografi, atau rekaman aktivitas seksual dari pelaku.

Akibat hangatnya isu ini, Shopee memanfaatkan situasi tersebut demi mencari konsumen dan memperlebar pangsa pasarnya. Dalam hal ini ia menargetkan pengikut dari Lambe Turah.

Lambe turah
Postingan Lambe turah / img : net

Akun Lambe Turah membuat konten yang mempromosikan Shopee, menempatkan iklan Shopee pada akhir video. Hal ini menimbulkan banyak komentar negatif dari netizen. Netizen menganggap bahwa hal yang dilakukan Shopee tidak etis dan tak berempati pada korban.

Dengan adanya kasus tersebut, tagar #uninstallshopee juga sempat viral di Twitter.

redaksi
Author: redaksi