Beranda News DPRD Tebo gelar rapat Raperda lembaga adat kabupaten Tebo

DPRD Tebo gelar rapat Raperda lembaga adat kabupaten Tebo

95
0

TEBO JAMBI,RADARINVESTIGASI.ID | Setelah satu tahun lebih berlalu akhirnya telah diselenggarakan nya rapat pembahasan Ranperda , kegiatan berlangsung di aula rapat DPRD Tebo Hari ini Selasa 03 Nopember 2020 ,

telah berlangsung rapat pembahasan rancangan peraturan daerah tentang kelembagaan adat daerah kabupaten Tebo sepucuk Jambi sembilan lurah. Acara ini berlangsung 3 jam cukup alot untuk pembahasan semua draft yang di usulkan ” tutur kata Pak Haji ZAHARUDHIN selaku ketua lembaga adat (LAM) Kab. Tebo kami di undang sepuluh orang pengurus lembaga adat kab.tebo ,dan juga dihadiri biro hukum Pemda kab.tebo , kesra dan para Aanggota DPR .

Usulan ini dibahas sudah sewajar nya dari jarak waktu kami mengusulkan dahulu ditambah kami di dukung dan didampingi beberapa pemuda yang mewakili lembaga nya serta pemuda dan warga Tebo yaitu dari lembaga OKSIGEN ,LSM PPF . Mereka cukup solid membantu kami karena banyak hambatan dan kesan nya sengaja di perlamabat karena mereka mendampingi tidak separuh hati akhirnya semua hambatan itu terlewati dan mereka juga meng inisiasi agar membuat pertemuan dan kunjungan Ketua DPRD Tebo Bpk. MAZLAN akhirya datang kerumah lembaga adat untuk bersilaturahmi dan mendengarkan keluhan kami selam ini.

Alhamdulilah hari ini terjadi kesepakatan dalam pembahasan hingga berujung untuk beliau pun mengetuk palu untuk segera di sahkan peraturan daerah lembaga adat kabupaten Tebo.

Tebo memang kota sejarah sejarah tak luput dari adat dan budaya kita yg berlangsung secara turun temurun . Setelah 20 tahun Tebo terpecah dengan muara Bungo akhirnya ini hari menjadi sejarah baru bagi kita dan anak cucu kita nanti akan mengenali sejarah adat daerah nya dan pengaturan nya , adat itu berkaitan kepada adab, dan adab yang baik itu perlu dan penting bagi kita agar menjadi kekuatan untuk hidup yang bermoral . Adat itu dak lapuk dik hujan tak lekang dik panas ! Tutup nya .(Budi Kurniawan)