24.3 C
Banyuwangi
Rabu, November 30, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ketua DPRD I Made Cahyane SE,- Berpesan : ” Bangunlah Jiwanya Jangan Hanya Bangun Raganya “Saat menghadiri Musrenbangdes di Desa Singojuruh

- Advertisement -spot_img

BANYUWANGI – Radar Investifigasi | Musrenbangdes Singojuruh Kecamatan Singojuruh dalam rangka penyusunan RKPDes Tahun 2023 dan Daftar Usulan RKPDes Tahun 2024 Selasa 22/11/2022 menjadi istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi I Made Cahyana Negara, SE.

Pada kesempatan tersebut setelah penyampaian laporan oleh Panitia Penyelenggara Musrenbangdes oleh Ahmad Habiby (Sekdes), sambutan Suharto (Kepala Desa), dan sambutan Camat Singojuruh yang diwakili oleh Atim Suharyono (Kasie PMK). I Made Cahyana Negara SE, selaku Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi bereksempatan menyampaikan kata sambutan sapa peserta Musrenbangdes yang hadir.

I Made Cahyana Negara, SE awali dengan ucapan terima kasih kepada semua hadirin dan pelaku seni, yang disebutnya ada energy posistif meluangkan waktu dalam rangka musyawarah untuk menentukan usulan prioritas yang akan dilaksanakan di Desa Singojuruh di tahun 2023 dan tahun 2024 nanti.

Made sedikit paparan, Musrenbangdes adalah hal penting dan jadi dasar perencanaan pembangunan di Kabupaten Banyuwangi. Sedikit intermezzo, Made katakan Kepala Desa Singojuruh pintar memilih waktu pelaksanaan Musrenbangdes momentnya pas. Karena pada hari ini juga nanti sekitar jam 13:00 Wib ada pembahasan anggaran di Dewan menyusun APBD Tahun 2023.

“Kepala Desa Singojuruh ini pinter ambil moment pelaksanaan Musrenbangdes sangat pas, kenapa, karena nanti jam satu ada rapat pembahasan anggaran di Dewan, dan kebetulan yang diundang adalah Ketua DPRD nya yang juga sekaligus sebagai Ketua Tim Anggaran Legeslatif”, ujarnya disambut tawa ringan hadirin.

Jelasnya, proses perencanaan pembangunan di eksekutif melalui Musrenbangdes, Musrenbangcam, dan Musrenbangkab. Kemudian nantinya Tim Anggaran Eksekutif tempuk (ketemu) dengan Tim Anggara  Legeslatif membahsa dan merumuskan bersama APBD Tahun 2023 yang insyaallah kata Made, hari Senin akan disyahkan.

“Alhamdulillah kita hari ini bertemu dulu di Musrenbangdes, dan ini bisa jadi bekal saya Pak Kades, nanti jam satu kita masukkan apa yang menjadi usulan-usulan prioritas masyarakat Singojuruh”, lontar Made disambut aplouse hadirin peserta Musren.

Sekilas Made Cahyana menyampaikan pesan Bupati kepada Kepala Desa Singojuruh untuk RKPDes Tahun 2023 infrastruktur penting tapi juga tidak meminggirkan urusan-urusan peningkatan perekonomian. Karena dua tahun lebih gara-gara Covid-19 sektor perekonomian lumpuh, jadi juga harus fokus pada upaya-upaya pemulihan ekonomi.

Made juga sangat setuju dan apresiasi terhadap fokus perhatian Kepala Desa Singojuruh masalah Pasar. Karena Pasar adalah salah satu sarana yang membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Sedikit koreksi, Made sampaikan bahwa selama ini Musren-Musren usulannya hanya pada soal infrastruktur. Harapnya ada usulan-usulan anggaran masalah penanganan stunting. Karena masalah stunting adalah masalah masa depan generasi bangsa. Pasalnya Made minta Musrenbangdes Singojuruh berharap ada usulan-usulan anggaran terkait penanganan stunting.

Diakhir sambutannya Made Cahyana Negara SE, selaku Ketua DPRD Banyuwangi menyampaikan pesan kebangsaan. Mengutip dari syair lagu kebangsaan Indonesia Raya,

“Kita ini jangan hanya membangun raganya jangan hanya membangun fisik saja, infrastruktur, pasar, sekolah, tetapi kita juga harus membangun jiwanya, jiwa masyarakat Indonesia, jiwa yang relegius, jiwa yang gotong royong, jiwa yang guyub rukun, saling teleransi itu juga harus kita bangun, sekaligus melestarikan kesenian dan budaya sebagai identitas bangsa kita yang menjadi pembeda dengan bangsa lain. Yang terakhir sekali lagi jangan hanya membangun raganya tapi juga jiwanya untuk Indonesia Raya yang kiya cintai bersama dan itu harus dimulai dari Desa”, tutupnya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img