29.7 C
Banyuwangi
Rabu, Agustus 17, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Andy Tjakra dan Badan Pertanahan Nasional BPN Kota Ternate Diduga Ada Main Mata

TERNATE, Radar Investigasi – Diduga ada saling main mata antara Andy Tjakra dan Badan Pertanahan Nasional ( BPN) Kota Ternate Maluku Utara terkait penerbitan Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah pada lahan di atas air, yang terletak di kelurahan mangga dua Utara pada tahun 2003.

Sementara berdasarkan undang-undang (UU) nomor: 5 tahun 1960 tentang dasar pokok-pokok agraria, tidak ada satu poin pun yang membenarkan penerbitan sertifikat hak milik (SHM) tanah di atas air laut.

Jamrud, Salah satu warga kelurahan mangga dua Utara kepada media Radar Investigasi mengatakan bahwa, mereka menduga ada kong kali kong antara badan pertanahan Nasional (BPN) kota Ternate dan Andy Tjakra sebagai pemilik sertifikat hak milik (SHM) tanah, Senin (25/07/2022).

“Kami sangat menduga ada kong kali kong antara Andy Tjakra dan badan pertanahan Nasional (BPN) kota Ternate tentang penerbitan sertifikat hak milik (SHM) tanah pada lahan di atas air,” ujarnya.

Pasalnya penerbitan sertifikat hak milik (SHM) tanah tidak di ketahui oleh pemerintah daerah, buktinya pada tahun 2012 pemerintah daerah membuat suatu peraturan daerah (perda) nomor 2 tahun 2012 tentang rencana tata ruang wilayah kota Ternate, yang di dalamnya terdapat kawasan hutan lindung atau hutan mangrove, sebagai bagaimana telah termuat dalam paragraf 5, kawasan suaka alam, pelestarian alam dan cagar budaya, dalam Pada pasal 25 ayat 2 huruf (b) sebagai berikut “kawasan suaka alam (pelestarian alam) hutan mangrove terdapat di kecamatan Ternate Selatan yaitu kelurahan mangga dua dan mangga dua Utara dengan luas kurang lebih 2,90 ha”

Kepala badan pertanahan Nasional BPN kota Ternate saat di temui media Radar investigasi di kantor nya Jl. SKSD Palapa Tanah Mesjid, Kalumpang, Ternate Tengah
Tidak memberikan tanggapan hingga berita di publish.
(Sumardin)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img