23.5 C
Banyuwangi
Rabu, Desember 7, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Baksos Religi, Polisi Banyuwangi Bersih-Bersih Di Tempat Ibadah

- Advertisement -spot_img

Banyuwangi – Radar Investigasi | Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi, Jawa Timur menggelar kerja bakti di sejumlah rumah ibadah di Banyuwangi. Bertemakan “Baksos Religi”, beberapa polisi tampak membersihkan masjid, gereja, pura dan klenteng di kota Banyuwangi pada hari Jumat (17/06/2022)

Terlihat anggota Polresta Banyuwangi dengan berbekal sapu lidi dan kemoceng membersihkan halaman hingga di dalam masjid Agung Baiturrahman. Para personel memunguti sampah, mengepel tempat wudhu hingga membersihkan pilar Masjid Agung Banyuwangi dan menyedot debu karpet masjid membantu takmir menyiapkan sholat jumat.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa melalui Kabag SDM Kompol Idham Kholid mengatakan, kegiatan kerja bakti Baksos Religi ini digelar mulai tingkat Polres hingga Polsek jajaran dalam waktu bersamaan.

Menurutnya, ada pesan toleransi di dalamnya yang menyiratkan polisi dekat dan mengayomi seluruh masyarakat tanpa memandang ras, suku, agama dan budaya.

“Kegiatan ini kita gelar serentak di Banyuwangi. Kita niatkan ibadah, membersihkan masjid sebelum pelaksanaan sholat jumat. Kegiatan ini agar Polresta Banyuwangi semakin dekat dengan masyarakat Banyuwangi,” katanya.

Tidak hanya dilakukan di masjid, Polresta Banyuwangi juga melakukan bersih-bersih di Gereja Katolik Maria Ratu Damai Jalan Jaksa Agung Suprapto Banyuwangi, Pura Giri Nata Jalan Letkol I Gusti Ngurah Rai Banyuwangi, dan Klenteng Hoo Tong Bio Jalan Ikan Gurami, Karangreo Banyuwangi. Sejumlah sampah daun kering dibersihkan oleh personel.

“Ini bentuk bakti sosial religi kepada masyarakat. Kegiatan ini akan selalu ditingkatkan oleh Polresta Banyuwangi ke depannya,” jelas Kabag SDM Polresta Banyuwangi.

Pengurus Gereja Katolik Maria Ratu Damai, Romo Fidelis Surya Abadi, mengapresiasi apa yang dilakukan Polresta Banyuwangi. Ia berterima kasih kepada personel yang mampu membersihkan area geraja luar dan dalam, secara bersama-sama sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama sudah bersih semua dikarenakan banyaknya anggota yang ikut terlibat membersihkan.

Pasalnya, jumlah personel yang terlibat cukup banyak. Oleh karena itu, pembersihan halaman hingga dalam gereja pun hanya butuh waktu yang relatif tidak lama.

“Saya sangat bahagia dan senang sekali, tidak hanya bantuan fisik namun lebih ke hubungan dan kedekatan Polres Banyuwangi dengan para pengurus dan jamaah gereja,” ucap Romo Fidelis Surya Abadi. (*)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img