27.2 C
Banyuwangi
Jumat, Oktober 7, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

HPI Bentuk Pengurus DPD di Kabupaten Gumas

- Advertisement -spot_img

Gunung Mas,Kalteng – Radar Investigasi | Implementasi dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, bahwa setiap jurnalis/wartawan/pewarta bebas untuk memilih organisasi profesinya dimana para pegiat pers atau masyarakat pers nyaman untuk mengembang diri, membangun jaringan, menyuarakan kebebasan menyampaikan gagasan, ide, dan bahkan tempat dirinya berlindung dari tekanan saat produk jurnalistik menjadi sebuah berita yang dianggap oleh objek pemberitaannya merupakan fitnah atau pencemaran nama baik. 

Himpunan Pewarta Indonesia atau yang lebih dikenal dengan HPI adalah organisasi profesi yang dideklarasikan pada tanggal 2 Juli 2018 di Bali. HPI Hadir untuk dapat menyiapkan pewarta dalam persaingan global kedepan pasca Indonesia menjadi bagian dari Masyarakat Ekonomi Asia ( MEA ) merupakan Organisasi yang digulirkan oleh IMO-Indonesia tersebut diharapkan dapat membawa angin segar dengan menjadi Rumah Besar bagi pewarta di Indonesia.

Dodi Eduardo Sitanggang, S.E selaku Ketua umum DPD Himpunan Pewarta Indonesia ( HPI ) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menjelaskan, Sejak mendapatkan mandat dari Pengurus HPI Pusat melalui DPW HPI Kalimantan Tengah Eman Supriyadi untuk membentuk pengurus DPD HPI di Kab. Gunung Mas.

“Hari ini tanggal 23 Maret 2022 DPD HPI Gunung Mas mengadakan rapat pembentukan pengurus yang syaratnya adalah seluruh pengurus harus menjadi anggota HPI di Gunung Mas sudah ada 5 anggota HPI yang sudah terdaftar dan semuanya akan menjadi kepengurusan dalam waktu dekat ini juga akan mengurus Surat Keputusan ( SK ) kepengurusan nya dari Pengurus HPI pusat,” tegasnya di Cafe Lotus Kuala Kurun, Rabu ( 23/3/2022) malam.

Setelah pengurus DPD HPI Gunung Mas terbentuk, lanjutnya. Kita akan melaksanakan program-program kerja yang berhubungan dengan dunia jurnalis, Kami dari HPI akan mengumpulkan para pewarta-pewarta di Gunung Mas baik itu penyiar radio maupun jurnalis tertulis di media cetak maupun media online dalam tahun ini.

“Program-program kerja setelah SK kepengurusan diterbitkan oleh pengurus HPI pusat akan mengadakan pelatihan jurnalis, baik itu dunia penyiaran maupun dunia tulisan,” jelasnya.

Ketua Umum DPD HPI Gumas juga bermaksud memberitahukan kepada masyarakat Gunung Mas kalau HPI di Gunung Mas sudah terbentuk sekaligus menjelaskan bahwa dunia jurnalistik itu adalah alat sebagai alat pemersatu masyarakat atau penyampai informasi publik kepada masyarakat baik itu informasi yang sifatnya membangun daerah maupun informasi yang merugikan masyarakat.

“HPI ini betul-betul sebagai organisasi jurnalis yang ada di posisi masyarakat biar tidak ada ketimpangan pemberitaan, di balik itu juga HPI akan terus berupaya dan mendapat perhatian khusus baik itu di pemerintah maupun masyarakat,” ungkap pria yang merupakan Kabiro Media online Dayak News.

HPI akan bermitra dengan Pemerintahan Daerah, Masyarakat untuk memberikan informasi publik yang berimbang kepada seluruh masyarakat yang ada di Gunung Mas baik itu di Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kabupaten, imbuhnya.

Kristian selaku Sekretaris DPD HPI Kab. Gunung Mas dan Kabiro media online Detikzone menambahkan, Supaya HPI ini kedepannya lebih diperhatikan oleh instansi-instansi Pemerintah Daerah, Kecamatan Kelurahan/Desa, serta Masyarakat yang ada di Kabupaten Gunung Mas termasuk Perusahaan Besar Swasta agar selalu memperhatikan Masyarakat disekitarnya.

“DPD HPI di Kabupaten Gunung Mas itu intinya memberikan informasi publik kepada masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Pers No. 40 tahun 1999 demi membangun Kabupaten Gunung Mas lebih maju, Transparan, berkualitas, dan bermartabat,”pungkasnya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img