oleh

Ijen Sepenuhnya “Milik” Banyuwangi, GARABB Gelar Aksi Penggalangan Tandatangan

Banyuwangi Radar Investigasi | Aksi penggalangan tandatangan yang dilakukan oleh Gerakan Rakyat Banyuwangi Bersatu (GARABB) di depan Pengadilan Negeri Banyuwangi, (29/), merupakan ekspresi Mosi Tidak Percaya terhadap Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani sekaligus perwujudan “BELAPATI IJEN”. Hal itu dilakukan bertepatan dengan agenda sidang pembuktian gugatan Citizen Law Suit (gugatan warga negara) oleh Tim 5 Kaukus Advokat Muda Indonesia (KAMI), karena luapan keprihatinan dan protes GARABB terhadap kebijakan Bupati Ipuk yang telah menyerahkan 1/3 kawasan gunung Ijen ke Kabupaten Bondowoso melalui penandatanganan Berita Acara Kesepakatan, tertanggal 3 Juni 2021.

Koordinator Umum GARABB, Bondan Madani menyatakan, pihaknya akan terus berjuang demi kembalinya keutuhan kawasan gunung Ijen ke pangkuan Banyuwangi. Mengingat sesuai namanya, gunung Ijen sudah sejak berabad-abad lamanya menjadi ikon-nya Banyuwangi. Sehingga Bupati Ipuk harus bertanggungjawab untuk mengembalikan keutuhan Ijen ke Banyuwangi seperti sedia kala.

“Penggalangan tandatangan untuk BELAPATI IJEN tersebut kami (GARABB, red.) lakukan sebagai bentuk Mosi Tidak Percaya terhadap kepemimpinan ibu Ipuk Fiestiandani sebagai Bupati Banyuwangi. Karena telah sewenang-wenang serta menyalahgunakan kekuasaannya yang seenaknya menyerahkan 1/3 kawasan gunung Ijen ke Kabupaten Bondowoso tanpa melibatkan partisipasi publik. Jika Tim 5 KAMI berjuang melalui meja hijau sedangkan GARABB lewat jalur hijau. Namun tujuannya sama, yaitu lampu hijau: kembalinya keutuhan Ijen ke pangkuan Banyuwangi,” tandas Bondan dengan tegas.

Berkaitan dengan penggalangan tandatangan bertajuk “BELAPATI IJEN” tersebut, imbuh Bondan, pihaknya akan terus melakukannya secara berkala langsung ke tengah-tengah masyarakat luas. Dikatakannya, masyarakat Banyuwangi harus menyadari bahwa ikon Ijen yang dibangga-banggakan selama ini terancam akan hilang.

“Ancaman akan hilangnya ikon Ijen Banyuwangi sudah jelas tampak di depan mata, karena Bupati Ipuk telah menandatangani Berita Acara Kesepakatan penyerahan 1/3 Ijen ke Bondowoso. Oleh karenanya kita semua, segenap masyarakat Banyuwangi wajib berjuang mempertahankan keutuhan kawasan gunung Ijen dalam pangkuan Banyuwangi. Kita semua tidak akan rela membiarkan ada penguasa menggadaikan Ijen dengan menyalahgunakan kekuasaannya,” pungkasnya.