Iklan
image_pdfimage_print

Bangkalan, Radar investigasi.id | DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan memaksimalkan pemadatan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Bunajih, Labang, Bangkalan. Hal itu dilakukan sembari menunggu proses penetapan TPA permanen.

Kepala DLH Bangkalan Anang Yulianto mengungkapkan, TPA yang berlokasi di Bunajih hanya bersifat sementara dengan kontrak dua tahun. Diakuinya, lahan tersebut belum dapat menampung sampah secara maksimal.

“Itu hanya sementara, jadi lahannya memang belum ideal dan harus menampung sampah sebanyak 60 ton. Itupun belum sampah dari pasar,” katanya, jumat (5/2/2021).

Lahan TPA Bunajih dimaksimalkan hingga kontrak selesai. Oleh karena itu, DLH menyediakan alat berat untuk melakukan pemadatan terhadap sampah. Dengan harapan lahan tersebut masih bisa ditempati.

“Sementara dipadatkan dulu sambil menunggu penyelesaian TP3SR pada maret nanti,” ungkap Anang.

Diketahui, penyediaan TPA permanen harus memenuhi beberapa syarat yang salah satunya memiliki lahan luas lima hektar. Sementara ini Pemkab Bangkalan memiliki beberapa opsi mengenai lokasi TPA. Diantaranya, Galis, Lajing, Buluh, Bancaran dan Klampis.

“Kalau menunggu TPA permanen lama. Makanya nanti akan mencari solusi lainnya.” pungkasnya ( Muzammil )

redaksi
Author: redaksi