Nonton Channel

Pangkep. Dalam rangka meningkatkan kapasitas Petani Tambak yang ada di Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, maka hari ini (17/12/2020) pemerintah Desa Boddie melakukan Pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) bekerjasama sama dengan Dinas Perikanan dengan fokus materi palatihan adalah Penggunaan Probiotik Rica pada Budidaya Udang dan Bandeng.

Dari pantauan Tim Radar, Kegiatan ini dipusatkan di Halaman Kantor Desa Boddie kecamatan mandalle Kabupaten Pangkajene dan kepulauan. Yang di ikuti oleh kurang lebih 20 anggota kelompok tani tambak. Yang sebelumnya juga pada tanggal 07 Desember 2020 sempat terlaksana di Desa Mandalle dengan kegiatan yang sama dan di ikuti oleh kurang lebih 24 peserta.

Tenaga Ahli P3MD bagian TTG (Jawwas) yang sempat hadir sebagai narasumber mengatakan “Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Masyarakat atau SDM para kelompok tani, dalam rangka meningkatkan hasil Tambak yang dikelola” jelas jawwas

“Diharapkan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, artinya ada tindak lanjut pasca pelatihan” tambah tambahnya.

Kepala Desa Boddie dalam sambutannya menjelaskan “tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tambak tentang pengolahan pakan, sehingga dapat lebih meningkatkan hasil Tambak nantinya”jelas kepala desa

Mewakili Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep (Marwah Tompo) selaku narasumber dan pelatih pada kegiatan pelatihan ini menjelaskan bahwa tanah tambak itu merupakan tanah sulfat masam (TSM) yang bisa mengakibatkan kematian udang disekitar caren tambak terutama pada awal musim penghujan. Jelas Marwah Tompo.

“Probiotik ini dapat mengurangi penyakit pada udang dan memperbaiki kualitas tanah tambak.”

Salah satu peserta pelatihan Bahar merasa senang dengan adanya pelatihan ini. “Kami mendapatkan banyak pengalaman dari hasil pelatihan ini, karena dari awalnya kami tidak tau menjadi tau cara pengolahan pakan udang dan bandeng” jelasnya.

“Biasanya kami membeli pakan jadi yang harganya cukup lumayan tinggi, sehingga dengan adanya pelatihan ini biaya pakan untuk tambak udang dan bandeng bisa lebih murah dan berkualitas karena hanya menggunakan sedikit bahan bisa menghasilkan banyak pakan” tambah Bahar.(tim)

redaksi
Author: redaksi