Puluhan Massa Tergabung Rakyat Jambi Gelar Aksi Di Ombudsman RI
Massa Tergabung Rakyat Jambi Gelar Aksi
Iklan
image_pdfimage_print

JAMBI-RADARINVESTIGASI.ID-Julius Dan Puluhan masa dari Jambi yang tergabung dalam Rakyat Jambi Menuntut Keadilan menggelar aksi unjuk rasa di kantor Ombudsman RI Jakarta, untuk menuntut keadilan hari ini. Rabu 10-02-2021

Hal ini terkait dugaan mobilisasi oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Merangin dan memberikan dukungan para kades se-Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi pada perhelatan Pilgub Jambi 2020 lalu, yang diduga dilakukan pihak Paslon Gubernur Nomor urut 03.

Julius, Koordinator aksi saat melakukan orasi di depan kantor Ombudsman RI dia menyebutkan jika aksi demo ini dilakukan karena adanya indikasi kuat oknum (ASN) dan Kades di Dua Kabupaten tersebut terlibat dalam perhelatan Pilkada Jambi 2020, dengan memberikan dukungan politik secara langsung kepada salah satu Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

“Menurut fakta yang ada, diduga (ASN) Kabupaten Merangin dan Kades Se-Kabupaten Muaro Jambi terlibat mendukung salah satu Paslon,” tuturnya kepada media RI

Hal ini dibuktikan dengan sudah di laporankannya ke Bawaslu Provinsi Jambi, pada tanggal 21 Desember 2020, bernomor 09/LP/PG/Prov/05.00/XII/2020 An.A. Dimana pada tanggal 24 Desember 2020 pelapor sudah memberikan keterangan di Bawaslu Kabupaten Merangin.

“Namun yang menjadi tanda tanya besar, pada tanggal 28 Desember, Bawaslu Merangin menghentikan laporan tersebut, dan tanggal 30 Desember nya pelapor di undang kembali untuk memberikan klarifikasi yang ber nomor : 201/bawaslu-Prov JA.04/TU.00.01/XII/2020 yang ditanda tangani oleh Ketua Bawaslu Merangin,” jelas Julius.

Sama halnya dengan dugaan Kades Se-Kabupaten Muaro Jambi, yang juga sudah dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Jambi, dan ditindak lanjuti oleh Bawaslu Muaro Jambi, setelah dihentikan kemudian dilanjutkan kembali permasalahan ini.

“Jadi kuat dugaan adanya oknum Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi yang bekerja tidak sesuai SOP dan melanggar kode etik profesional Bawaslu,” imbuhnya.

Dengan permasalahan tersebut, Rakyat Jambi Menuntut Keadilan mendesak Ombudsman RI, melakukan pemeriksaan kepada pihak-pihak yang diduga telah melanggar peraturan dan per UU, dimana dalam hal ini hak-hak publik diabaikan, dan adanya dugaan penyalahgunaan jabatan oleh salah satu Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

“Kita juga meminta Ombusman ri, mengeluarkan rekomendasi terkait penanganan dan tindakan yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Jambi, Bawaslu Kabupaten Merangin dan Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi yang diduga melanggar kode etik dan mendukung Paslon,” ujarnya Julius.

katanya saat kita temui di kantornya ombudsman RI mengatakan, Secepatnya kita akan memanggil pihak-pihak yang terkait untuk pembuktian nya.

Julius mengajak seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi, untuk sama-sama meminta mengawasi dan menuntut keadilan, sehingga hak-hak masyarakat tidak diabaikan. Tutupnya Julius,(as)

redaksi
Author: redaksi