Beranda News Musrenbang Desa Manggalung, ini harapan Camat Mandalle

Musrenbang Desa Manggalung, ini harapan Camat Mandalle

11
0

Pangkep. Pelaksanaan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa yang lebih dikenal dengan sebutan Musrenbangdes yang dilaksanakan di Desa Manggalung Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan hari ini (12/11/2020) di hadiri oleh Camat Kecamatan Mandalle Mashud, S.Sos., M.Si.

Dalam arahannya Camat Mandalle mengharapkan untuk kegiatan Prioritas di Tahun Anggaran 2021 kiranya memperioritaskan Kegiatan yang tertunda di Tahun 2020 yang di alihkan anggarannya karena Covid-19.

“Prioritas kegiatan tahun 2020 yang kemarin masuk di APBDES dan tidak terlaksana karena Covid-19 menjadi perioritas di tahun 2021”

Kepala Desa Manggalung Nurzan, S.Sos pada saat membuka acara Musrenbang sempat menjelaskan penyebab tertundanya beberapa kegiatan Fisik tahun 2020. “Ada beberapa kegiatan di Tahun 2020 tidak bisa terlaksana disebabkan karena Anggaran Dananya di alihkan ke penanganan Covid-19 terkhusus untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT)” jelasnnya.

Nurzan juga menambahkan bahwa “KPM atau penerima BLT skema I dan II masih melalui Dana APBDes, namun untuk Skema III jumlah KPM berkurang karena ada 132 KPM di ambil alih oleh BST kemendes. Sehingga sisa 35 KPM yang akan di danai oleh APBDes sampai Desember 2020”.Tambahnya.

Dari pantauan Radar RI, hadir juga dalam acarq ini Kepala Kepolisian Sektor Kecamatan Mandalle Iptu.Hasanauddin dan menyempatkan diri memberikan arahan kepada masyarakat yang hadir.

“Disiplin menjalankan 3M untuk tetap menjaga kesehatan kita semua agar terhindar dari Covid-19 yaitu Memakai Masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan pakai sabun harus selalu dijalankan” jelas kapolsek.

Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pangkajene dan kepulauan Nasruddin memberikan pandangan dalam menentukan prioritas kegiatan Tahun Anggaran 2021 kepada peserta yang hadir “Dasar menentukan prioritas adalah mengacu pada SDGs, terkhusus juga hasil rembuk stunting pada prioritas kesehatan penanganan stunting” Jelasnya.

“Selain Dasar di atas, perioritas kegiatan juga mengacu pada tiga arah kebijakan sesuai dengan permendes no.13 Tahun 2020 yaitu pertama Pemulihan ekonomi Nasional Desa, kedua Program prioritas Nasional Sesuai kewenangan Desa dan terakhir adalah Adaptasi Kebiasaan Baru Desa” tambahnya.(tim)