Beranda Madura Bangkalan Masalah Soal sampah di Bangkalan Saling Tuding, Ini Alasannya

Masalah Soal sampah di Bangkalan Saling Tuding, Ini Alasannya

6
0

BANGKALAN – Radar Investigasi | persoalan sampah di Kabupaten Bangkalan terkesan tak kunjung teratasi, pasalnya, masih banyak sampah berserakan di tepi jalan, sehingga merusak pemandangan bahkan menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu pengendara yang melintas.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan, Anang Yulianto mengatakan, hal itu dikarena kurang kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan masih rendah.

“Kami sudah menyediakan tempat pembuangan sementara (TPS) di beberapa titik, jadi semestinya masyarakat membuang sampah pada tempat yang disediakan itu,” ujarnya, Jumat (04/12/2020).

Anang menjelaskan, pada dasarnya pihaknya hanya memiliki kewajiban mengambil sampah yang ada di TPS, di luar itu bukan wewenangnya.

Namun meski demikian, Anang mengaku, pihaknya juga mengambil sampah yang dibuang sembarangan itu karena juga merasa risih ketika melihat sampah berserakan dan tidak pada tempatnya.

“Kami menyisir di beberapa lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah sembarangan, mulai dari sisi utara di Bancaran hingga Socah di jalan kembar,” jelasnya.

“Kami mengambil waktu sore untuk sampah diluar TPS karena paginya kami mengambil sampah yang di TPS,” tambahnya.

Terpisah, salah satu warga Bangkalan, Nur Hidayat mengatakan, persoalan sampah yang dibuang sembarangan itu bukan sepenuhnya kesalahan masyarakat. Sebab menurut dia, minimnya TPS juga menjadi salah satu faktor masyarakat tidak membuang sampah pada TPS.

“Menurut saya, minimnya TPS menjadi salah satu faktor dari persoalan ini. Untuk itu saya berharap pemerintah bisa memperbanyak TPS agar masyarakat membuang sampah di TPS,” ucapnya. (Moh Iksan)