Beranda Maluku Maluku Utara Kertas Surat Suara Halbar Mau Dicetak, Bawaslu Halbar Ikut Awasi

Kertas Surat Suara Halbar Mau Dicetak, Bawaslu Halbar Ikut Awasi

6
0

HALBAR.Radarinvestigasi.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), pada Selasa (10/11/2020) kemarin, melakukan pengawasan langsung pada percetakan surat suara yang dilaksanakan oleh PT Surya Agung yang beralamat di Makasar, Sulawesi Selatan.

Anggota Bawaslu Halbar Muhamaddun Hi. Adam (Kordiv SDM) bersama dua orang staf melakukan pengawasan langsung pada percetakan surat suara di Makasar.

Anggota Bawaslu Halbar Muhamaddun Hi Adam, menyampaikan bahwa dalam pengawasan percetakan surat suara harus dipastikan jumlah dan prosesnya.

“Kami harus memastikan beberapa hal, yakni jumlah seluruh surat suara yang dicetak di perusahaan tersebut harus sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Kami juga harus memastikan jadwal waktu pekerjaan peretakan suara dan pengawasan terhadap proses percetakannya,” kata Muhamaddun.

Selain itu, Muhamaddun juga menegaskan pihaknya akan mengawasi mekanisme kualitas kontrol perusahan pencetakan yang mencakup laporan berkala, mekanisme pencetakan surat suara, surat suara rusak atau surat suara kelebihan.

“Kami juga mengawasi mekanisme kualitas kontrol perusahan pencetakan, yang mencakup laporan berkala, yaitu mekanisme pencetakan surat suara, surat suara rusak atau kelebihan surat suara,” tandasnya.

Muhamaddun juga mengungkapkan bahwa, kualitas tempat penyimpanan hasil cetak suara dan keamanan kerahasian cetakan harus dijaga dan diperketat.

“Kami (Bawaslu) akan selalu melakukan koordinasi dengan pihak KPU Halmahera Barat dan PT Surya Agung terkait dengan seluruh proses percetakan surat suara dari awal hingga selesai,” ungkapnya.(Zain)