Beranda Jawa Timur Banyuwangi Ini Yang Diterapkan Satlantas Polresta Banyuwangi Bagi Pengendara Tidak gunakan Masker !

Ini Yang Diterapkan Satlantas Polresta Banyuwangi Bagi Pengendara Tidak gunakan Masker !

5
0

BANYUWANGI – Sedikitnya ada sebanyak 300 pengendara motor yang terjaring razia tertib bermasker oleh Satlantas Polresta Banyuwangi. Bagi mereka yang kedapatan tidak memakai masker saat keluar rumah, maka akan diberikan sanksi sosial.

Razia masker ini secara rutin digelar oleh polisi di Banyuwangi. Yakni sebagai wujud implementasi Instruksi Presiden RI Jokowi yang tertuang dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020.

Disebutkan Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin melalui petugas razia masker Kanit Dikyasa Satlantas Iptu Datik Hariyati, razia kali ini dilaksanakan di Jalan HOS Cokroaminoto dan beberapa titik lainnya di Kota Banyuwangi.

“Kita dibantu anggota Polsek juga, melakukan penertiban kepada pengendara yang tidak pakai masker. Setiap razia, rata-rata ada ratusan pengendara yang terkena penertiban ini,” kata Iptu Datik, Rabu (9/9/2020)

Saat terjaring razia, kebanyakan para pengendara berdalih lupa membawa masker. Mirisnya, banyak kawula muda yang saat ini lalu lalang tanpa menghiraukan kesehatan mereka dari ancaman penularan virus.

“Alasannya macam-macam. Ada yang ketinggalan, ada yang dicuci, tapi paling banyak pakai alasan lupa. Apapun itu kalau tidak pakai masker tetap kita disiplinkan,” ungkapnya.

Bagi mereka yang terjaring razia masker ini, petugas Polisi akan menyuruh untuk putar balik. Sebelum itu, ada sanksi sosial berupa menyapu tempat umum push up bagi pengendara dewasa. Sedangkan untuk kawula muda diharuskan menyanyikan lagu kebangsaan atau menyebutkan Pancasila serta teks UUD 1945.

Momen lucu pun terjadi di sini. Tatkala ada pasangan muda berboncengan tiga dengan anaknya, lupa dengan bunyi Pancasila. Justru anaknya yang masih kecil ini hafal dan lancar menyebutkan kelima sila dari Pancasila.

“Ada dua orang tua, tidak pakai masker. Tapi anaknya pakai masker. Nah waktu dihukum itu, mereka lupa Pancasila. Keduanya sempat berdebat malah kebolak-balik jadinya. Justru akhirnya si anak kecil ini yang hafal,” katanya

Meskipun sudah seringkali dilakukan razia masker ini, namun masih banyak pelanggar yang ditemukan. Untuk meningkatkan kedisiplinan ini, Polresta Banyuwangi sebelumnya telah mengusulkan kepada Pemerintah setempat untuk memberlakukan sanksi denda kepada para pelanggar.

“Tujuannya agar implementasi Inpres Nomor 6 ini terus dijalankan bersama. Selain razia seperti ini, kita juga bagikan masker kepada pengguna jalan,” kata Satlantas Polresta Banyuwangi, Iptu Datik Hariyati. (Net)