Nonton Channel

Bangkalan – Radar Investigasi | Warga digegerkan adanya Puluhan ikan paus terdampar di pantai Modung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab Kawanan hewan mamalia tersebut bergerombol dan bermunculan hingga mati di atas pasir pantai itu




“Saat kejadian ikan paus itu terdampar, kondisi air laut sangat keruh, lalu meraka lemes dan mati di pantai,” terang Safi’i warga Bangkalan, Jumat (19/2/2021).

Kejadian munculnya ikan paus itu bersamaan dengan air laut pasang, Kamis (18/2/2021) kemarin.

“Warga sempat kaget dan mendatanggi lokasi untuk melihat langsung ikan-ikan paus tersebut, kemudian mendorong ikan agar kembali ke tengah. Tapi sayang, malam harinya ikan-ikan ukuran besar itu kembali ke pingir pantai dan mati,” tegasnya.



Selain Warga, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuju ke lokasi dan melihat kondisi terkini dan berusaha menyelamatkan puluhan ikan paus tombak yang terdampar di perairan Pantai Modung Bangkalan.

“Operasi penyelamatan paus terdampar yang masih hidup dari perairan di Pantai Modung Bangkalan Madura ke perairan yang lebih dalam,” ujar Khofifah seperti yang diunggah di akun instagramnya @khofifah.ip, Jumat (19/2/2021).



Di akunnya tersebut, Khofifah menerangkan rombongan paus jenis tombak ini ada sekitar 50 an ekor.

“Upaya pengembalian ke habitat mereka sudah dimulai sejak kemarin,” tuturnya.



Pagi hari, sudah banyak yang mati di pantai Modung lalu sejumlah petugas datang termasuk Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (red)

redaksi
Author: redaksi