Beranda Sulawesi Sulawesi Selatan Evaluasi perencanaan Desa TA.2020 dan 2021, DPMD Pangkep laksanakan Rapat Koordinasi

Evaluasi perencanaan Desa TA.2020 dan 2021, DPMD Pangkep laksanakan Rapat Koordinasi

23
0

Pangkep.Radarinvestigasi.id-Proses mengawal Penggunaan Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat melalui kementrian Desa dan Daerah Tertinggal Tahun Anggaran 2020 maupun 2021 mendatang merupakan kewajiban seluruh elemen yang terkait.

Sebagai upaya evaluasi perencanaan dan realisasi kegiatan ditingkat Desa, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Pangkajene dan kepulauan hari ini (08/09/2020) melakukan Rapat Koordinasi bersama tim TPPI se Kabupaten Pangkep yang di hadiri oleh Tenaga Ahli P3MD, seluruh pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa.

“Seluruh proses perencanaan dan realisasi kegiatan terpantau secara online langsung oleh kementrian Desa melalui aplikasi yang namanya siPede”, jelas koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pangkep (Nasruddin) pada tim radar.

Hadir pada rapat koordinasi ini adalah Kepala Bidang Pemerintah Desa (Zulfadli) menjelaskan “Kabupaten Pangkep bekerjasama dengan Balai Latihan Masyarakat Sulawesi Selatan (BLM) dan Kompak dalam rangka mengawal rangkaian acara perencanaan dan realisasi kegiatan Di Desa” upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kwalitas masyarakat desa dan memaksimalkan mekanisme penggunaan Anggaran.

Salah satu isu yang berkembang pada rapat koordinasi ini adalah terkait proses pengadaan Masker dengan tema setengah miliar masker mengacu pada intruksi pemerintah pusat dalam hal ini kementerian Desa.

Dihadapan tim radar, koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pangkep mengatakan bahwa pengadaan masker dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa masing-masing, “yang melakukan pengadaan masker adalah Bumdes, sehingga pemerintah Desa membeli di Bumdes” tegasnya.

Terkait dengan proses perencanaan kegiatan Tahun Anggaran 2021, Kabid Pemdes menekankan bahwa “Target penyelesaian APBDes perencanaan tahun anggaran 2021 adalah 31 Desember 2020”

Zulfadhli juga mengingatkan kembali bahwa Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2021 tidak akan cair dananya ketika tidak ada laporan konvergensi Stunting, laporan konvergensi Stunting di buat dan dilaporkan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM), sehingga bagi Desa yang belum mengganggarkan KPM baik dari pembentukan sampai pelatihan, maka diharapkan segera direalisasikan.

Kegiatan rapat koordinasi ini dilakukan di ruang pola kantor Bupati Kabupaten Pangkajene dan kepulauan Provinsi Sulaweai selatan lantai II dimulai pukul 09.00 dan selesai pukul 16.15 WITA. (lalu)