Beranda News Dana BUMG Desa Meunasah Jeumpa 240 Juta Diduga Hilang Begitu Saja

Dana BUMG Desa Meunasah Jeumpa 240 Juta Diduga Hilang Begitu Saja

26
0

Aceh Timur -Radar Investigasi.id- Desa menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia, Oleh karena itu pemerintah terus berupaya mendorong ekonomi desa dengan penyaluran Dana Desa dan program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) di Aceh disebut BUMG, badan usaha milik gampong, (20/08/2020), Tujuan BUMDes/BUMG seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Namun mirisnya dana pernyertaan modal BUMG Desa Meunasah Jumpa Kecamatan Idi Timur Kabupaten Aceh Timur untuk tahun anggaran 2018 sebesar Rp 240 juta diduga telah terjadi penyimpangan, warga Gampong Muenasah Jeumpa meminta Inspektorat untuk mengusut tuntas dana BUMG tersebut.

Berdasarkan informasi dari sumber yang terpercaya media ini, mengungkapkan pengelolaan BUMG di Desa Meunasah Jeumpa diduga telah terjadi penyimpangan dana penyertaan modal yang dialokasikan tahun 2018, sebesar Rp 240 juta, bahkan sebagian tidak ada kejelasan nya lagi.

Menurut sumber ” dari 240 juta, telah dibagikan dalam bentuk dana simpan pinjam kepada 85 Kepala Keluarga(KK) masing-masing Rp 1 juta untuk modal usaha, sedangkan sisanya sekitar Rp 155 juta tidak jelas dikemanakan (raib), itu belum lagi dana yang disetorkan kembali oleh masyarakat.

Bagaimana bisa berkembang BUMG, uang nya dibagikan dalam bentuk simpan pinjam kepada kepala keluarga hanya Rp 1 juta, mau buka usaha apa, dana nya sangat tanggung, ujar nya.

Bahkan ada informasi dana modal BUMG tersebut sudah tidak ada lagi alias raib telah di gunakan oleh oknum-oknum pengelola BUMG. (mdn)