Beranda Jambi CE-Ratu Unggul di Hitung Cepat, Puspoll Jamin Akurat

CE-Ratu Unggul di Hitung Cepat, Puspoll Jamin Akurat

1127

JAMBI-RADARINVESTIGASI.ID-Pusat Polling Indonesia menjamin keakuratan hitung cepat yang menempatkan pasangan Cek Endra dan Ratu Munawaroh sebagai pemenang Pilgub Jambi 2020. Demikian ditegaskan Muslim, direktur eksekutif Puspoll Indonesia, sore ini.

Menurutnya, hitung cepat alias Quick count dilaksanakan di 300 TPS. Ada margin of error 1 persen dari sampel yang dipakai. Pemilihan sampel menggunakan metode Stratified Cluster Sampling, dengan tingkat kepercayaan 99%.

Di setiap TPS sampling, kata dia, Puspoll Indonesia menugaskan satu kontributor relawan untuk mencatat hasil pemilihan. Data itu lalu dikirim ke server di Jakarta. Satu relawan hanya ditugaskan di satu TPS yang sudah ditetapkan.

Cek Endra – Ratu Munawaroh
38,04 %
Fachrori Umar – Syafril Nursal
24,85 %

Al Haris – Abdullah Sani
37,11 %

Data ini menunjukkan pasangan CE-Ratu diurutan pertama memenangi kontestasi.

“Selisihnya memang sangat tipis,”ujarnya.

Kendati begitu, Muslim mengaku Quick count ini bukanlah hasil resmi KPU. Tapi, kata dia, quick count bisa menjadi potret perolehan suara kontestan di Pilkada.

Ia memperjelas,Puspoll Indonesia merupakan lembaga survei yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi dan telah mendapatkan sertifikat terdaftar sebagai Lembaga survei dan hitung cepat pada Pilkada 2020.

Selain Puspoll, lembaga riset Charta Politika juga menempatkan pasangan CE-Ratu sebagai pemenang Pilgub Jambi 2020. Dari data hitung cepat Charta Politika, pasangan CE-Ratu bertengger di urutan pertama dengan perolehan suara 37,72 persen.

Di urutan kedua adalah Al Haris-Sani dengan persentase pemilih 36,96 persen. Di urutan terakhir Fachrori-Syafril dengan persentase 25,32 persen.(*)

redaksi
Author: redaksi