Beranda News ALARM-NTB DESAK PEMKAB LOMBOK TENGAH TUTUP AKTIFITAS GALIAN C

ALARM-NTB DESAK PEMKAB LOMBOK TENGAH TUTUP AKTIFITAS GALIAN C

50
0

NTB.Radarinvestigasi.id-Tambang galian C di Desa Tanak Beak Kecamatan BatuKliang Utara Kabupaten Lombok Tengah semakin meluas dan tidak terkendali, Desa Tanak Beak yang masih alami dan kaya akan air, kayu dan sumber alam lainnya itu kini terancam rusak, impra strur/jalan mulai bergelombang dan debu pun semakin meluas menimpa masyarakat setempat, keluhan beberapa kelompok masyarakat terutama pemuda setempat mulai menggeliat, diakui Ketua Umum ALARM-NTB (Aliansi Rakyat Menggugat) Lalu Hizzi bahwa beberapa waktu lalu pihaknya menerima pengaduan masyarakat tentang aktifitas penambangan tanah, pasir dan batu di Desa Tanak Beak. Berdasarkan hasil dari divisi investigasi lembaga tersebut. Ketua Umum ALARM-NTB menyimpulkan bahwa akibat dari ekploitasi besar-besaran tersebut telah menimbulkan kerusakan lingkungan dan menjadi keluhan warga setempat.

Lalu Hizzi mengatakan “Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah harus bertindak tegas terhadap aktifitas praktik galian C, dan selama ini juga saya tidak pernah melihat keseriusan Dinas LH Lombok Tengah punya trobosan untuk pelestarian lingkungan. “Sumber PAD terbesar kita kan sudah jelas pertanian dan pariwisata bukan tambang, mengapa harus merusak alam hanya dengan alasan kepentingan perorangan atau kelompok dan merugikan masyarakat banyak?” Sambungnya.

Dari data hasil investigasi, ALARM-NTB dilansir galian C tersebut, berdampak negatif terutama terhadap lingkungan diantaranya krisis air bersih, pengurangan debit air alih fungsi lahan yang tidak produktif serta sendimentasi sungai.

“Bila tidak segera ada tindakan, dari pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, kami bersama masyarakat dan kelompok pemuda setempat akan melakukan aksi blokade jalan dan akan menutup secara paksa aktifitas galian C tersebut,” ancam Hizzi. (Hamdi)