24.3 C
Banyuwangi
Rabu, November 30, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dalam Rangkaian Hari Jadi Ke – 21 Kota Batu, Kecamatan Bumiaji Gelar Pengajian Dan Pagelaran Wayang Kulit Dengan Lakon “Mudune Wahyu Kamulyan”

- Advertisement -spot_img

Batu, Diskominfo – Radar Investifigasi |  Masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-21 Kota Batu, Kecamatan Bumiaji menghelat pengajian umum serta pagelaran wayang kulit yang dibawakan oleh Ki Dalang Martak dengan lakon “Mudune Wahyu Kamulyan”, Sabtu (19/11) malam di Pendopo Kecamatan Bumiaji.

Camat Bumiaji, Bambang Hari Suliyan, menjelaskan bahwa dua kegiatan tersebut digelar selama dua hari, 19-20 November. Tujuannya untuk melestarikan kebudayaan sekaligus permohonan doa agar Kecamatan Bumiaji dan Kota Batu dijauhkan dari bencana, diberikan kesehatan, guyub rukun dan dimudahkan urusannya. Bambang berharap kegiatan bisa menjadi agenda tahunan.

“Banyak pesan moral yang dapat Kita ambil dari pagelaran wayang malam ini,” kata Bambang.

Pagelaran wayang kulit sendiri diawali dengan penyerahan wayang gunungan dari Camat Bumiaji kepada Ki Dalang Martak.

Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon “Mudune Wahyu Kamulyan” menceritakan tentang kisah Pandawa Lima yang mencari “Wahyu Kamulyan”. Yakni wahyu yang dipakai untuk bekal hidup oleh para Pandawa Lima dan anak turunannya, agar menjadi orang yang mulia di sisi Sang Pencipta.

Namun dalam prosesnya terjadi perebutan “Wahyu Kamulyan” antara Pandawa Lima yang memiliki dasar watak baik dengan Kurawa yang membawa watak buruk, hingga pada akhirnya Pandawa Lima melalui Abimanyu memenangkan perebutan itu dan berhasil mendapatkan “Wahyu Kamulyan”.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Eko)

 

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img