23.5 C
Banyuwangi
Selasa, September 27, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Sejumlah Kekurangan Volume Pekerjaan Proyek Dinas Pendidikan Banyuwangi, Segini Totalnya

- Advertisement -spot_img

Banyuwangi – Radar Investigasi | Dari Temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Melalui Perwakilan Jawa Timur (jatim) dengan pemeriksaan bernomor 49.A/LHP/XVIII.SBY/05/2021 Tanggal 10 Mei 2021 telah memeriksa laporan keuangan pemerintah kabupaten banyuwangi tahun 2020 telah menemukan nilai kekurangan Volume pada sejumlah kegiatan pekerjaan dari Dinas Pendidikan banyuwangi dengan jumlah kekurangan volume itu senilai Rp. 84.075.316,61.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK secara uji petik atas realisasi Belanja Modal ditemukan adanya kekurangan volume dan ketidaksesuaian spesifikasi teknis sebesar Rp  84.075.316,61 pada dinas pendidikan banyuwangi atas 7 paket pekerjaan Gedung dan Bangunan dengan nilai kontrak akhir sejumlah Rp. 2.140.554.000,00.

Temuan BPK Diantaranya Pekerjaan Rehabilitasi Aula Dinas Pendidikan Lantai 2 dilaksanakan berdasarkan kontrak Nomor 602.1/04/429.101/PA/Pemb Dinas_02/2020 tanggal 12 Agustus 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp199.516.000,00 dan penyedia/kontraktor Pelaksana CV S.A.. Pekerjaan telah dilaksanakan 100% dan atas pekerjaan tersebut telah dilakukan pembayaran sebesar Rp 199.516.000,00 dengan SP2D Nomor 18675/LS/BPKAD/XI/2020 tanggal 17 November 2020.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan bersama dengan penyedia/kontraktor pelaksana, konsultan pengawas, PPK/PPTK, dan didampingi pihak Inspektorat sesuai Berita Acara Pemeriksaan Fisik Nomor 26/BAPF/Terinci.LKPD.Kab.Bwi.TA2020/III/2021 tanggal 26 Maret 2021 diketahui terdapat kekurangan volume sebesar Rp11.396.614,35

untuk Pekerjaan Rehabilitasi Musholla Dinas Pendidikan dilaksanakan berdasarkan kontrak Nomor 602.1/04/429.101/PA/Pemb Dinas_01/2020 tanggal 12 Agustus 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp199.607.000,00 dan penyedia/kontraktor pelaksana CV S.A. Pekerjaan telah dilaksanakan 100% dan atas pekerjaan tersebutm telah dilakukan pembayaran sebesar Rp199.607.000,00 dengan SP2D Nomor 18676/LS/BPKAD/XI/2020 tanggal 17 November 2020.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan bersama dengan penyedia/kontraktor pelaksana, konsultan pengawas, PPK/PPTK, dan didampingi pihak Inspektorat sesuai Berita Acara Pemeriksaan Fisik Nomor 25/BAPF/Terinci.LKPD.Kab.Bwi.TA2020/III/2021 tanggal 26 Maret 2021 diketahui terdapat kekurangan volume sebesar Rp42.871.044,79

sementara, Pekerjaan Pembangunan Taman Kantor Dinas Pendidikan dilaksanakan
berdasarkan kontrak Nomor 602.1/04/429.101/PA/Pem Dinas_05/2020 tanggal 12 Agustus 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp92.515.000,00 dan penyedia/kontraktor pelaksana CV A.K.U. Pekerjaan telah dilaksanakan 100% dan atas pekerjaan tersebut telah dilakukan pembayaran sebesar Rp92.515.000,00 dengan SP2D Nomor 19469/LS/BPKAD/XI/2020 tanggal 26 November 2020.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan bersama dengan penyedia/kontraktor pelaksana, konsultan pengawas, PPK/PPTK, dan didampingi pihak Inspektorat sesuai Berita Acara Pemeriksaan Fisik Nomor 27/BAPF/Terinci.LKPD.Kab.Bwi.TA2020/III/2021 tanggal 26 Maret 2021 diketahui terdapat kekurangan volume sebesar Rp2.584.504,55

untuk kegiatan Pekerjaan Pavingisasi Halaman Timur dan Utara Dinas Pendidikan dilaksanakan berdasarkan kontrak Nomor 602.1/04/429.101/PA/Pemb Dinas_04/2020 tanggal 12 Agustus 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp199.616.000,00 dan penyedia/kontraktor pelaksana CV C. Pekerjaan telah dilaksanakan 100% dan atas
pekerjaan tersebut telah dilakukan pembayaran sebesar Rp199.616.000,00 dengan SP2D Nomor 22020/LS/BPKAD/XII/2020 tanggal 14 Desember 2020.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan bersama dengan penyedia/kontraktor pelaksana, konsultan pengawas, PPK/PPTK, dan didampingi pihak Inspektorat sesuai Berita Acara Pemeriksaan Fisik Nomor 24/BAPF/Terinci.LKPD.Kab.Bwi.TA2020/III/2021 tanggal 26 Maret 2021 diketahui terdapat kekurangan volume sebesar Rp4.780.614,64

Disisi Lain, Rehabilitasi Ruang Kelas Sedang/Berat Beserta Perabot SDN 4 Sumberberas
Pekerjaan Rehabilitasi Ruang Kelas Sedang/Berat beserta Perabot SDN 4 Sumberberas (DAK) dilaksanakan secara swakelola oleh SD Negeri 4 Sumberberas berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor 421.1/1335.4/
SPPK.DAK.REHAB.SD/429.101/2020 tanggal 23 Maret 2020 dengan nilai sebesar Rp409.440.000,00. Pekerjaan telah dilaksanakan 100% dan atas pekerjaan tersebut telah dilakukan pembayaran sebesar Rp409.440.000,00

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan bersama dengan panitia pelaksana, fasilitator, PPK/PPTK, dan didampingi pihak Inspektorat sesuai Berita Acara Pemeriksaan Fisik Nomor 29/BAPF/Terinci.LKPD.Kab.Bwi.TA2020/III/2021 tanggal 27 Maret 2021 diketahui terdapat kekurangan volume sebesar Rp7.827.207,77

kemudian, Pekerjaan Pembangunan Ruang Kelas Baru SMP Negeri 5 Banyuwangi (DAK) dilaksanakan secara swakelola oleh SMP Negeri 5 Banyuwangi berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor 421/1559/429.245.201020/2020 tanggal 23 Maret 2020 dengan nilai sebesar Rp652.860.000,00. Pekerjaan telah dilaksanakan 100% dan atas pekerjaan tersebut telah dilakukan pembayaran sebesar Rp652.860.000,00
Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan bersama dengan panitia pelaksana, fasilitator, PPK/PPTK, dan didampingi pihak Inspektorat sesuai Berita Acara Pemeriksaan Fisik Nomor 28/BAPF/Terinci.LKPD.Kab.Bwi.TA2020/III/2021 tanggal 27 Maret 2021 diketahui terdapat kekurangan volume sebesar Rp5.257.461,89

Pekerjaan Pembangunan Ruang Kelas Baru SDN 1 Watukebo (DAK) dilaksanakan secara swakelola oleh SD Negeri 1 Watukebo berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor 421.1/1336/SPPK.DAK.RKB.SD/429.101/2020 tanggal 23 Maret 2020 dengan nilai sebesar Rp387.000.000,00. Pekerjaan telah dilaksanakan 100% dan atas pekerjaan tersebut telah dilakukan pembayaran sebesar Rp387.000.000,00 Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik di lapangan yang dilakukan bersama dengan panitia pelaksana, fasilitator, PPK/PPTK dan didampingi pihak Inspektorat sesuai Berita Acara Pemeriksaan Fisik Nomor
30/BAPF/Terinci.LKPD.Kab.Bwi.TA2020/III/2021 tanggal 30 Maret 2021
diketahui terdapat kekurangan volume atas sebesar Rp. 9.357.868,62

Atas temuan pemeriksaan tersebut telah ditindaklanjuti dengan penyetoran ke Kas Daerah sebesar Rp. 24.875.750,72 dengan rincian sebagai berikut:
a. CV M & C sebesar Rp1.902.263,00 pada tanggal 9 Maret 2021;
b. CV M.S. sebesar Rp. 530.949,44. pada tanggal 16 Maret 2021;
c. SMPN 5 Banyuwangi sebesar Rp5.257.461,89 pada tanggal 28 April 2021;
d. SDN 1 Watukebo sebesar Rp9.357.868,62 tanggal 29 April 2021; dan
e. SDN 4 Sumberberas sebesar Rp7.827.207,77 tanggal 28 April 2021.

Dari pantauan Radar Investigasi, Kekurangan volume itu diduga terdapat sisa yang belum di kembalikan ke kas daerah senilai Rp. 59.199.565,89

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, Dikonfirmasi melalui Pesan WA, Hingga berita ini di muat, Dirinya belum memberikan komentar.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img