28.2 C
Banyuwangi
Selasa, September 27, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Kapolres Beltim Turun, Pengamanan Aksi Demo Di Kantor DPRD Beltim

- Advertisement -spot_img

Beltim – Radar Investigasi | Personil Polres Belitung Timur Melakukan Pengamanan Aksi Damai dari Aliansi Masyarakat Penambang Kabupaten Belitung Timur yang Dilaksanakan di halaman depan Kantor DPRD Kabupaten Belitung Timur, Senin (19/09/2022)

Aksi damai Aliansi Masyarakat Penambang Kabupaten Belitung Timur tersebut menyampaikan 9 tuntutan yakni :

Bupati  untuk mendesak Gubernur dan kementerian,   Kapolres Beltim Turun Langsung Kawal Aksi Damai Di Kantor DPRD Beltim di Bawah Guyuran Hujan untuk segera menetapkan WPR seperti yang telah ditetapkan oleh Bupati Belitung Timur.
Bupati membuat surat keputusan daerah sehingga penambang bisa melakukan aktivitas penambangan sementara sebelum WPR terbit.
Bupati harus menyampaikan secara terbuka kepada masyarakat Beltim tentang perbedaan harga karena Harga timah saat ini sangat terlihat seperti dipermainkan.

Yang perlu diketahui dan mereka tekankan bahwa penghasilan dari menambang timah inilah yang menjadi mata pencaharian utama Kami para penambang kecil untuk menghidupi dan memberikan makan keluarganya
Para aksi demo Meminta komitmen Pemerintah agar segera mungkin untuk membuat WPR dan melindungi rakyat kecil yang menjadi penambang dan segala aktivitas penambangan timah
Meminta APH (Aparatur Penegak Hukum) untuk segera menindak lanjuti terkait lahan-lahan yang dikuasai oleh pemodal pemodal besar yang menamakan diri mereka sebagai penambang dan rakyat kecil untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya dalam aktivitas penambangan timah dan juga kelapa sawit.

Sedangkan Bupati meminta Gubernur segera menetapkan rencana kerja anggaran biaya penambangan timah agar kami penambang kecil tidak dipermainkan dengan harga
Kami mendesak Bupati Timur agar mendukung pihak kepolisian dan Kejaksaan Belitung Timur agar CPCL di wilayah Belitung Timur, dimana mereka tahu bahwa banyak CPCL mengatasnamakan buat masyarakat tetapi yang memiliki beberapa oknum untuk menguasai lahan dan itu pun belum tentu oknum tersebut warga Belitung Timur.

Kami juga menyuarakan saudara kami petani dan sawit mendesak Kepada Bupati saat ini juga agar mendorong kepada pihak PT SWP DAN PT.SMM agar menstabilkan harga sawit sesuai harga yang sudah ditentukan Pemerintah ” ucap demonstran

Lanjut mereka, Bupati harus mendesak PJ gubernur dan Kementerian ESDM untuk memperpanjang RKAB agar dapat melonjak harga Timah untuk mensejahterahkan penambang tradisional.

Disisi lain,  Kabag Ops Polres Beltim AKP Bagus Krisna Ekaputra, SIK Seijin Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya, Sik, Mengatakan, Bahwa benar hari ini ada aksi damai dikantor DPRD Kab. Belitung Timur, Polres Belitung Timur Menerjunkan Sebanyak 140 personil untuk Melaksanakan Pengamanan Aksi damai Dari Aliansi Masyarakat Penambang Kabupaten Belitung Timur tersebut. Kegiatan Pengamanan tersebut Dipimpin Langsung Oleh Kapolres Beltim AKBP Taufik Noor Isya, SIK.

“Personel dari Polres Belitung Timur sudah bersiaga mengamankan jalannya aksi damai dari pagi hari dan tetap berikan pengamanan yang maksimal walaupun cuaca dalam keadaan hujan deras,” ungkap AKP Bagus

Polisi mengawal aksi demo dengan selesai kegiatan aksi damai tersebut situasi tetap kondusif
“kami ucapkan terima kasih atas aksi damai yang kondusif tersebut,” tutup AKP Bagus. (BENNI/FREDI)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img