28.2 C
Banyuwangi
Selasa, September 27, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Lanjut Pesta Rakyat di Temajok, NKRI Harga Mati

- Advertisement -spot_img

Kalbar.Sambas, Radar Investigasi.id-Hiruk pikuk pesta HUT ke-77 RI dibeberapa tempat telah lama usai. Masyarakat pada umumnya sudah mulai sibuk dengan aktivitas kehidupan mereka sehari-hari. Namun berbeda hal dengan masyarakat yang tinggal pelosok daerah negeri ini. Nun jauh di ujung sana, di batas negeri nan molek, wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan wilayah Negara Malaysia bagian timur. Tersebutlah nama Temajuk, Temajuk adalah Desa Wisata yang sohor dijuluki “Surga di ekor Borneo.”

Beberapa waktu yang lalu terlihat ada sebagian kelompok masyarakat Desa Temajuk yang sedang mempersiapkan serangkaian acara yang diberi nama Pesta Hiburan Rakyat. Tampak terlihat dari wajah-wajah yang penuh semangat saling bahu membahu merampungkan persiapan terakhir untuk Pesta Hiburan Rakyat.

Pesta Hiburan Rakyat ini sudah mulai digelar hari ini, Kamis, (8/09/2022) diseputaran lokasi Pantai yang lazim disebut Temajuk Sungai, RT 014 RW 006 Dusun Camar Bulan Desa Temajuk.

Rangkaian acara ini merupakan  perpanjangan dan kelanjutan dari Pesta Hiburan Rakyat pada bulan Agustus silam. Jadi Pesta Hiburan Rakyat yang digelar pada bulan September ini pun  masih dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI. Ini sebagai salah satu bentuk luahan kebahagian masyarakat perbatasan Temajuk dalam rangka menikmati kemerdekaan di Republik ini.

Desa Temajuk berada dalam wilayah Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, dan saat ini Desa Wisata Temajuk merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Sambas.

Saat itu Senin pagi yang cerah (5/09/2022) dua Awak Media Radar Ivestigasi dari Biro Sambas berkesempatan untuk menikmati “Coffee morning” dikediaman Jawadi atau karib dipanggil Pakcik Sijau (57). Beliau adalah salah satu tokoh masyarakat Desa Temajuk yang bertempat tinggal di Jalan Haji Safari Temajuk. Pada pagi hari itu turut hadir pula beberapa orang tokoh masyarakat Desa Temajuk lainnya. Diantara yang turut hadir itu ada Bapak Juhdi alias Pakngah Ijuh (77), Wajidi alias Paklong Jidi (64) Muriyadi alias Bang Anyik MPPI (51) Heri (46) serta Syahdan (40) anak kandung laki-laki dari Pakcik Sijau.

Saat bincang-bincang pagi itu Pakcik Sijau selaku tuan rumah bercerita kepada Awak Media ini dengan penuh semangat.

“Kegiatan Pesta rakyat yang digelar ini merupakan kelanjutan dari acara pada bulan Agustus kemarin. Acara di bulan ini (September, Red) masih dalam rangka menyambut dan memeriahkan suasana HUT ke – 77 RI. Jika ditempat lain mungkin acara seperti ini telah usai. Namun tidak bagi kami yang berada di Temajuk sini, ” Ujarnya sambil mempersilahkan Awak Media ini untuk menikmati hidangan yang telah disediakan.

Minum secangkir Kopi hitam sungguh terasa nikmat, dan semakin tambah nikmat saja, saat mata dimanjakan oleh pemandangan birunya air laut yang menghampar luas serta tiupan angin yang menyejukkan. Itulah sekelumit suasana yang bisa dirasakan oleh kedua orang Awak Media ini saat bincang pagi dirumah Pakcik Sijau yang letaknya dekat dipinggiran Pantai Desa Wisata Temajuk.

“Acara ini digelar dengan maksud dan tujuan, agar supaya rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat di Temajuk khususnya bisa semakin bertambah erat dan kuat” Tambahnya.

“Walau hanya lewat sebuah pesta rakyat yang sarat dan kental dengan nuansa permainan rakyat. Tetapi tujuan utama dari kelanjutan dan perpanjangan waktu acara pesta rakyat ini adalah untuk semakin memupuk dan menumbuh kembangkan rasa patriotisme dan nasionalisme dalam diri rakyat perbatasan tanpa terkecuali. Dari yang muda sampai ke yang tua wajib peduli akan permasalahan yang ada di kampungnya. Sebagaimana telah dicontohkan oleh para pejuang dan pahlawan kita yang terdahulu. Mereka tak pernah rela sejengkal tanah negeri ini diambil oleh orang asing!” Tambahnya lagi.

“Dan sudah menjadi adat dan kebiasaan masyarakat kita dalam melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan apapun selalu mengedepankan kekompakkan. Artinya bersatu kita teguh bercerai kita roboh” Kata Paklong Jidi menimpali.

“Selaku orang tua di Temajuk ini, harapan kami kepada generasi penerus bangsa, terutama harapan ini kami titipkan dipundak putra putri terbaik Desa Temajuk. Nong (Nak, Red) berikanlah darma bakti terbaik kalian dan banggalah sebagai anak perbatasan NKRI” Ucap Pak Ngah Ijuh penuh semangat.

Acara pesta rakyat ini bisa terlaksana berkat kerjasama Gapoktan Desa Temajuk dengan seluruh elemen masyarakat Desa Temajuk, termasuk adanya sumbangan dana dari “Bapak angkat”.

Heri ketua Gapoktan Desa Temajuk mengatakan modal awal untuk acara ini adalah semangat kebersamaan, baru setelah itu bicara estimasi dana dan pelaksanaan.

“Acaranya ada Panjang Pinang, Tarik Tambang, Lari Estafet, Zumba dan lain-lain menyesuaikan dengan jadwal dan susunan acara. Lomba ini bisa diikuti oleh anak-anak, remaja dan dewasa” Katanya menjelaskan

“Harapan ke depan, desa Temajuk ini bisa lebih maju dan sukses” Tambah Heri.

Apa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Temajuk hari ini merupakan salah satu bentuk pengekspresian kebahagian dalam menikmati dan merayakan HUT kemerdekaan ke – 77 Republik Indonesia.

“Kami sebagai rakyat perbatasan sangat bersyukur atas nikmat kemerdekaan ini, bagi kami Indonesia tetap di hati NKRI harga mati!” Pungkas Bang Anyik MPPIR. (Radiman Lah)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img