28.2 C
Banyuwangi
Selasa, September 27, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

5 Bulan Belum Gajian, Karyawan PT Cakra Khatulistiwa Tuntut Pembayaran Gaji

- Advertisement -spot_img

Sambas.Radar Investigasi – Karyawan PT Cakra Khatulistiwa keluhkan sampai saat ini belum terima pembayaran gaji. Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan Kelapa Sawit ini salah satu lokasinya berada di dusun Sungai Tengah Desa Sebubus, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Para karyawan PT Cakra Khatulistiwa mengaku belum ada menerima pembayaran gaji mereka dari pihak perusahan tempat mereka bekerja. Hingga berita ini diturunkan, Kamis 19 Agustus 2022. Hal ini dkatakanoleh salah seorang karyawan yang tidak mau disebutkan namanya dan sebagai jubir dari para karyawan yang berhasil ditemui oleh awak media Radar Investigasi sehari setelah meliput kegiatan upacara detik-detik peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibatas negeri, Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas.

Dia mengatakan bahwa keterlambatan pembayaran gaji para karyawan ini bisa menimbulkan dan meningkatkan beban dalam kehidupan sehari-hari. ” Bagaimana tidak, saat ini kita baru sedikit lebih lega bisa melewati masa-masa sulit saat pandemi Covid 19 melanda. Anda tau betapa sulit dan beratnya beban usaha dimasa itu. Apa pun yang kita lakukan serba terbatas dan dibatasi karena aturannya sudah memang seperti itu ” Ujarnya sambil matanya menerawang jauh.

Kemudian ia melanjutakan ” Nah disaat keadaan kita ini sudah mulai mendekati keadaan normal atau mungkin sudah memasuki masa new normal. Sudah tiga bulan terakhir belum ada sepeserpun saya terima gaji dari perusahaan tempat saya bekerja. Maka bersamaan dengan momen HUT ke – 77 RI, kami harap pihak perusahan PT Cakra Khatulistiwa bisa mengeluarkan seluruh pembayaran gaji karyawannya.”

Disisi lain salah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan ini dan berhasil kami temui berinisial SF mengatakan ” keterlambatan pembayaran gaji para karyawan yang bekerja di PT Cakra Khatulistiwa ini sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir ini. Tiga tahun terakhir ini pak sering terjadi keterlambatan dalam hal pembayaran gaji para karyawan. Dan hal itu dialami oleh hampir semua karyawan yang bekerja di perusahaan ini. Saat ini saja saya sudah Lima bulan belum gajian, kalau sudah seperti ini mau makan apa keluarga saya pak!?,” ujarnya dengan nada lemah.

Selain itu ada juga salah seorang karyawan yang tidak mau disebutkan namanya, sebut saja inisial MB mengatakan agar hal ini bisa di selesaikan dengan baik dan tidak berlarut-larut, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pihak manajemen PT Cakra Khatulistiwa agar bisa segera memenuhi kewajibannya terhadap seluruh karyawannya, yaitu segera membayarkan gaji.”

MB menambahkan “bahwa para Karyawan yang bekerja di perusahaan ini juga sudah pernah dua kali melakukan demo. Demo yang dilakukan para karyawan itu dalam rangka menuntut dan mempertanyakan kapan gaji mereka dibayarkan oleh pihak perusahaan.”

Ketika tim Investigator Radar Investigasi ingin melakukan konfirmasi terkait hal ini, tim dengan mengendarai mobil pribadi mencoba masuk ke lokasi perusahaan. Namun malah menemui kesulitan dan jalan buntu. Karena tidak ada seorangpun pihak perwakilan  perusahaan yang bisa ditemui ditempat. Beruntung hanya bisa bertemu dari bagian Humas di perusahaan ini. Itu pun saat dikonfirmasi oleh awak media ini  keterangan yang  diperoleh dari yang bersangkutan lebih banyak mengatakan tidak mengetahui perihal keterlambatan pembayaran gaji para karyawan.

” Maaf pak saya hanya selaku bagian Humas perusahaan disini, jadi saya hanya bisa mengarahkan Bapak-bapak ke kantor saja ” Ujarnya saat ditemui awak Radar investigasi di Dusun Sungai Tengah Desa Sebubus Kecamatan Paloh.

( Radiman Lah / Hermanto Siagian )

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img