28.2 C
Banyuwangi
Selasa, September 27, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ratusan Murid Di SMP N 1 Banyuwangi Laksanakan MPLS Hari Ke Kedua

- Advertisement -spot_img

Banyuwangi – Radar Investigasi | Hari kedua Murid Baru SMP N 1 melaksanakan kegiatan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) di tahun ajaran ini yang diikuti berjumlah 287 murid.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Banyuwangi, Melalui Hubungan Masyarakat (Humas), Aris Sugiantoro, Menjelaskan, Kegiatan MPLS yakni awal tahun pembelajaran yang dimana semua kegiatan sudah di atur Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan melalui Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan.

“Disitu (SE Menteri Red,) sudah ada materinya jadi kita tidak lagi kesulitan mencari materinya,”terang Humas.

Lanjut dia, di dalam MPLS ada sejumlah materi yang di berikan salahsatunya tentang pendidikan karakter, tentang kesopanan dan tata tertib, pihak sekolah memiliki tata tertib yang wajib di laksanakan oleh murid.

“Nanti kita ada MUo antara sekolah dengan Wali murid, disitu orang tua dan anak membaca dan tanda tangan bila, apabila mereka melanggar maka kita berikan sanksi”ujarnya

Selain itu, MPLS kedua ini siswa baru ini adalah tentang belajar dalam kurikulum Merdeka apa yang akan murid pelajari tentang kurikulum Merdeka .

“Apa yang mereka harus pelajari di kurikulum Merdeka bagaimana belajarnya yang sudah di terangkan oleh bapak ibu guru”pungkasnya.

Sementara, Bidang kesiswaan SMP Negeri 1 Banyuwangi, Azizah, Menuturkan, Bila siswa melanggar tata tertib maka di berikan sanksi dan sanksi tersebut, menurut dia sederhana terkadang sederhana itu di salah artikan, misalkan menggunakan sepatu wajib berwarna hitam bila ada sedikit ada warna putih maka sepatu tersebut untuk di cat di warna hitam.

“Saya beritahu sepatu semua warnanya hitam semuanya, misalkan ada putihnya, di cat, jadi tidak beli sepatu baru”tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala sekolah SMPN 1 Banyuwangi, M. Sodik, Menjelaskan, kurikulum Merdeka bercirinya, pertama Proses belajarnya berpusat pada siswa, sehingga ada model berdekreasi sekolah, kedua, konsisten dalam tujuan,Yang ketiga bebas terhadap cara.

“Yang ke empat adanya refleksi, refleksi itu pemikiran apa yang sudah di kerjakan”kata kepala sekolah yang baru pindahan itu

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img