28.4 C
Banyuwangi
Selasa, Agustus 16, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Masyarakat Keluhkan Aktivitas Tambang Emas Di Sungai Murui Kabupaten Kuala Kapuas Merusak Lingkungan

Kuala Kapuas: Kalteng.Radarinvestigadi.id-Kegiatan para penambang emas dan zircon ini sangat merugikan dan merusak lingkungan, dimanah akibat tambang tersebut telah menutupi aliran sungai murui yang sudah berapa tahun, hal ini sangat disayangkan karena tak ada tanggapan dari pihak pemerintah dan instansi terkait.

Informasi yang dihimpun Tim Radar Investigasi, selain Tambang Emas dan Sircon yang telah membuat keruh air sungai serta penyempitan aliran Sungai, pertambangan ini juga tetap leluasa beroperasi bertahun – tahun seakan – akan tidak adanya pengawasan dari pihak terkait.

Dalam pantauan Tim Radar Investigasi pula, selain alat mesin sedot yang beroperasi di lokasi setempat, didapati pula Alat berat excavator hingga mencapai 20 unit untuk pengerukan terhitung dari Desa Danau Rawah, Desa Bukit Batu, Desa Sei Gita dan Desa Murui Raya.

“Saya berharap dengan adanya aktivitas tambang emas yang mengakibatkan rusaknya lingkungan ini, mendapat respon dan tindakan dari pemerintah serta Kapolda Kalteng agar segera ditutup,” ujar warga setempat yang namanya minta dirahasiakan.

“Kita tunggu tanggapan dari Kapolres Kabupaten Kuala Kapuas, Kecamatan Mantangai yang telah kita sampai kan lewat media radar investigasi,” ungkapnya.

“Ada alat berat excavator mencapai 20 unit yang berada di lokasi murui, kecamatan mantangai, kabupaten Kapuas, kita mehitung dari pendesaan danau rawah, Desa bukit batu, desa sei Gita dan desa murui raya,” sambungnya.

“Apa kah selalu di biarkan seperti Godang Godang puya yang telah membari sumber untuk merusak lingkungan sungai murui tersebut,” tutupnya.

Tim Radar Investigasi mencoba mengkonfirmasikan kegiatan tersebut ke Kapolsek Mantangai, AKP Fry Mayedi Sastrawan, S.E, Serta ke Kasatreskrim Polres Kapuas, Iptu Iyudi Hartanto, S.T.K., S.I.K., melalui Via What’s App (WA),1 Juni 2022, namun hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan. (Team)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img