24.3 C
Banyuwangi
Jumat, Juli 1, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Bupati Tanjabbar Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Desa Jati Emas

Tanjab Barat Radar Investigasi | Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Desa Jati Emas, Kecamatan Bram Itam, Senin (06/o6/22) malam.

Dalam sambutannya, Bupati sebut bahwa kegiatan MTQ merupakan ajang atau media dalam menumbuhkan semangat mempelajari serta mengamalkan isi Al Quran, khususnya bagi generasi muda. Selain itu, Bupati juga berpesan pada guru-guru serta ustadz dan ustadzah untuk terus mendampingi anak-anak dalam belajar Al-Qur’an.

“Kita tentu tidak ingin generasi kita yang akan datang generasi yang tidak bisa baca Al-Qur’an, generasi yang tidak tahu Al-Qur’an, dengan MTQ ini diharapkan dapat lebih menumbuhkan semangat beragama guna mewujudkan generasi Qur’ani,” tutur Bupati

“Oleh karena itu Musabaqah Tilawatil Qur’an ini menjadi penting karena musabaqah ini sebagai ajang, media, wasilah untuk membumikan Al-Qur’an, memperkenalkan anak-anak kita dengan Al-Qur’an,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan bahwa orang tua dalam rumah tangga mempunyai peranan yang sangat penti dalam menjadi teladan bagi anak-anaknya, khususnya dalam pendidikan beragama.

“Momentum musabaqah ini bisa kita jadikan sebagai upaya menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an, karena banyak cabang-cabang yang dilombakan tidak hanya cabang Tartil Al-Qur’an, tapi juga lomba hafalan Al-Qur’an, lomba tafsir Al-Qur’an dan lomba lomba yang lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya Saiful Ahmad, S.Pd.I selaku ketua panitia melaporkan MTQ ke 9 Tingkat Desa Jati Emas ini dilaksanakan mulai dari tanggal 6-13 Juni 2022 dan dikuti sebanyak 53 kafilah. Adapun cabang MTQ yang diperlombakan antara lain: Tartil, Tilawah Anak-anak, Tilawah Remaja, dan Tilawah Dewasa, serta akan diramaikan dengan lomba Pildacil. Diharapkan melalui MTQ ini dapat mencetak generasi yang berilmu dan bertaqwa serta untuk mencari bibit potensial.

“MTQ ini terselenggara berkat dukungan dan bantuan dari pemerintah Desa Jati Emas melalui dana desa serta swadaya masyarakat. Harapan kami, melalui MTQ ini syiar Islam akan tersampaikan dengan baik,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar di halaman Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Nurul Islahiyyah Parit 6 RT 8 Dusun Pinang Emas ini turut dihadiri Sekda, Kepala Bappeda, Kadis Dikbud, Camat Bram Itam, Kades Jati Emas, Babinsa, BKTM, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tanjabbar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Penulis razali

Darto
Redaktur Media Radar Investigasi
- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img