23.5 C
Banyuwangi
Rabu, Desember 7, 2022
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ritual Dibantu Orang Kepercayaannya Pangkalima Ampit Berikan Pembekalan Bagi Anggota

- Advertisement -spot_img

Pulang Pisau – Radar Investigasi | Perkumpulan Pemuda Dayak – Pasukan Lawung Bahandang (PERPEDAYAK-PLB) yang dipimpin Wahyu Saputra, ST.,MT, sebagai Ketua Umum Pusat cukup dibanggakan karena kehadiran organisasi ini banyak sekali masyarakat yang menyukainya, khususnya di kepulauan Kalimantan.

Pada sisi lain, tumbuh dan berkembangnya organisasi ini tidak lepas dari seorang tokoh ternama yang selalu ambil bagian pada garis terdepan terutama terkait dalam hal Adat dan Budaya yakni dialah Pangkalima Ampit sebagai Dewan Pembina Pusat PERPEDAYAK- PLB Pusat.

Pada kali ini, beliau bersama orang – orang kepercayaannya di DPP secara langsung memberikan pembekalan bagi anggota baru dan lama, gabungan DPD Kabupaten Tanah Laut dan DPD Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

Ritual pembekalan yang berlangsung di wilayah DPD Tanah Bumbu ini (Pantai Angsana), Pangkalima Ampit mengajarkan kepada ratusan anggota baru dan lama bagaimana cara memegang senjata has Kalimantan “MANDAU” dan bagaimana cara memainkannya sesuai dengan irama musik daerah setempat sehingga agar tidak meninggalkan kesan seni has nya.

“ Dalam hal ini kita tidak memamerkan seni kekebalan apalagi untuk kesombongan, namun kita menampilkan agar semua anggota terlatih dan bisa menjaga diri masing – masing terhadap sesuatu yang tidak diinginkan ”, ujarnya kepada Media ini, Senin (30/5/2022).

“ Organisasi ini kan bukan dikhususkan bagi putra putri Kalimantan saja, tapi bagi diluar Kalimantan juga bisa bergabung sebagai simpatisan agar saling kenal mengenal dan saling menghargai ”, tambahnya.

Pangkalima Ampit mengatakan pula, misalakan ada budaya luar daerah yang masuk di Kalimantan maka marilah kita bergandeng tangan, saling menjaga kebersamaan, saling menghargai dan saling menjalin komoniksi dengan baik sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika.

“ Pada poin pentingnya tetap saja pada alur pribahasa DIMANA BUMI DIPIJAK DISITU LANGIT DIJUNJUNG ”, tegasnya.

Sebagaimana diinformasikan, Organisasi ini sudah memiliki anggota yang tersebar di kepulauan Kalimantan Puluhan Ribu lebih.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Kriminal
- Advertisement -spot_img
Advertorial
- Advertisement -spot_img