Bupati Pulang Pisau Buka Rakor Kelembagaan Adat Tahun 2021

Pulang Pisau – Radar Investigasi | Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang membuka secara resmi kegiatan rapat koordinasi Kelembagaan Adat Tahun 2021 di Kecamatan Maliku, Rabu (24/11).
Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H Ahmad Rifai, Kejari Puang Pisau, Dr. Priyambudi SH.MH, Ketua DAD Kabupaten Pulang Pisau, Edvin Mandala, Kabag Pemerintahan Setda Pulang Pisau, Herman Wibowo, Camat Maliku, Teras, Damang dan Mantir Adat se Pulang Pisau.

Kepada awak media, Pudjirustaty Narang mengatakan bahwa kegiatan Rakor ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dan berkala setiap tahunnya. Pertemuan dimaksut katanya, yang dapat dimaknai sebagai ajang silaturahmi Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau dengan masyarakat adat, khususnya Damang dan Mantir Adat.

“ Sesuai dengan amanat dari Perda Kabupaten Pulang Pisau Nomor 14 Tahun 2012 tentang kelembagaan Adat Dayak, bahwa Pemerintah Daerah mengakui, menghormati dan menghargai keberadaan hak-hak masyarakat Adat Dayak sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku ” ungkapnya.

Sebagai salah satu upaya perwujudan dari Misi Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang Katakan pula yakni memberdayakan organisasi kemasyarakatan, juga sebagai bentuk dukungan Pemkab Pulang Pisau terhadap keberadaan Kelembagaan Adat adalah fasilitasi pelaksanaan program kerja Damang Kepala Adat dan program kerja Dewan Adat melalui penganggaran dalam APBD kabupaten pada semua jenjang, dengan pendanaan.

“ Mengingat saat ini dalam kondisi Pandemi Covid-19, saya mengajak kepada kita semua untuk terus mempromosikan Protokol Kesehatan, yakni 5M kepada masyarakat ” Ajak bupati Pulang Pisau.

Ditambahkannya, Walaupun saat ini Kabupaten Pulang Pisau telah masuk Level 1 dan perkembangan covid melandai, kita semua terus waspada dan jangan abai serta lengah dengan Prokes, dan mendorong dengan sosialisasi dan pemdekatan kepada maayarakat untuk bersedia di vaksin agar memiliki kekebalan komunitas sehingga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

“ Saya berharap kegiatan Rakor Kelembagaan Adat ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk mencanangkan Pulang Pisau bangkit dan bergerak menuju Pulang Pisau yang Inovatif, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera ” Tutupnya.