Menjaga Air Tetap Handal, DPU Pengairan Banyuwangi Melalui Korsda Cluring Bersihkan Sampah Di Sungai

Banyuwangi – Radar Investigasi | koordinator sumber daya air ( korsda cluring)  membersihkan tumpukan sampah di sungai bangunan Bagian Air (BBC 7) Kejuron plampangrejo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi hal itu di lakukan Guna menjaga kebersihan sungai dan supaya air tetap handal dalam mendukung pelayanan irigasi. Selasa (05 /10 /2021)

 Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Banyuwangi, melalui Sekretaris Dinas (Sekdin) Riza Al Fahroby, mengatakan, Pembersihan sungai yang di lakukan Korsda cluring membersihkan sampah di BBC 7 merupakan bagian pemeliharaan bangunan pembagian air supaya tetap handal dalam mendukung pelayanan irigasi.

Pembersihan juga untuk mencegah terhambatnya saluran yg dapat mengakibatkan luapan”terang Riza.

Sungai terlihat bersih Setelah Di lakukan Pembersihan oleh korsda cluring 

Masih kata Riza, Pembersihan yang di lakukan Korsda cluring saat ini sampah yang berdominan sejumlah pohon pisang dan sampah tersebut sudah berhasil di bersihkan.

“kebanyakan sampah pohon pisang mas, dan sampah plastik tidak terlalu banyak, alhamdulillah sekarang bersih” terangnya Kamis (07/10 /2021)

Riza menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah apa pun sungai agar sungai selalu terjaga dalam kebersihan.

Kebersihan sampah adalah tanggung jawab kita bersama mari jangan membuang sampah sembarangan di sungai”pintanya

Menurut riza, adanya banyaknya volume sampah di sungai juga bisa mengakibatkan sungai meluap dan juga tidak sedap di pandang mata selain itu juga memengaruhi ekosistem kehidupan yang ada di sungai.

“sampah yang di sungai bisa juga mas air meluap, dan juga bisa memengaruhi kehidupan ikan yang ada di sungai”pungkasnya (red)