PROGRAM KEGIATAN KULIAH LAPANGAN MK.PERANCANGAN ARSITEKTUR 03 BERSAMA POKDARWIS TAMBELAN SAMPIT KELENGKANG

banner 468x60
1.3kDibaca
39 Bagikan

Pontianak – Radar Investigasi ¦Lokasi Kampong Tambelan Sampit, Kec. Pontianak timur, Kalimantan Barat
Kuliah lapangan atau field trip adalah suatu kegiatan kunjungan ke objek tertentu diluar lingkungan kampus, yang bertujuan untuk mencapai tujuan intruksional tertentu (Sumaatmadja, 1984). Kegiatan Kuliah Lapangan Program Studi Arsitektur Jenjang Diploma Tiga, Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak tahun 2021, diselenggarakan di bulan Agustus 2021 melalui kegiatan mata kuliah Perancangan Arsitektur 03 yang mengambil topik mengenai Citra Kawasan dengan area kajian berada di Kampong Tambelan Sampit, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan kuliah lapangan adalah mengajak mahasiswa melihat langsung fenomena elemen-elemen citra kawasan serta potensi yang ada pada kawasan kampong Tambelan Sampit yang akan dipelajari. Mereka mendapatkan informasi dan belajar langsung dari sejumlah tokoh masyarakat Kampong Tambelan Sampit yang disinggahi pada saat berkunjung. Selain itu kegiatan amatan langsung di lapangan ini memberikan manfaat bagi pengembangan pemikiran mahasiswa melalui pengamatan dan pembuktian langsung sebaran fenomena-fenomena elemen citra kawasan. Kegiatan ini juga dapat merangsang kreatifitas mahasiswa dalam pembuatan rancangan elemen-elemen citra kawasan melalui interaksi langsung dengan budaya masyarakat di kelurahan Tambilan Sampit.
Kegiatan ini selain dipandu oleh para dosen pengampu mata kuliah Perancangan Arsitektur 03 (R. Puspito Harimurti, ST.,M.Sc; Wahyudin Ciptadi, ST.,M.Sc; Caesar Destriadi ST.,M.Sc.; dan Mustikawati, ST.,M.Ars) mahasiswa semester IV kelas A, B, C dan D, juga mendapatkan bimbingan dan pengarahan langsung di lapangan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kelurahan Tambelan Sampit. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Tambelan Sampit merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah Tambelan Sampit. Pokdarwis Kelurahan Tambelan Sampit memiliki tujuan mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di kawasan kelurahan Tamelan Sampit. Pokdarwis Kelurahan Tabelan Sampit dipimpin ole Bapak Nizar Fahlevi, bersama pengurusnya yang terdiri dari ibu Fitriyanti, Mas Dedek, ibu Nur Asmah, Ibu Ade Lestari Dewi, ibu Vivi Alhinduan dan Bapak Fardhan turut mendukung dan memberikan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan kuliah lapangan Perancangan Arsitektur 03 di kawasan kelurahan Tambelan Sampit.
Hasil akhir dari kegiatan kuliah lapangan Perancangan Arsitektur 03 Mahasiswa semester IV kelas A, B, C, dan D Program Studi Arsitektur jenjang diploma Tiga Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak, adalah berupa usulan konsep rancangan elemen-elemen Citra Kawasan yang ada di Kelurahan Tambelan Sampit. Usulan-usulan konsep rancangan ini, nantinya akan dipaparkan secara langsung kepada para tokoh dan lembaga masyarakat yang ada di kelurahan Tambelan Sampit guna mendapatkan hasil yang terbaik. Produk akhir ini nantinya akan diserahkan langsung oleh mahasiswa kepada lembaga masyarakat yang ada di Kelurahan Tambelan Sampit sebagai bentuk kontribusi langsung mahasiswa dalam kehidupan masayrakat (program pengabdian mahasiswa kepada masyarakat) sesuai dengan kompetensi keilmuan teknik yang dimilikinya, sesuai dengan tuntutan perkuliahan Perancangan Arsitektur 03 yang telah dijalankan dari tahun 2008.
Kegiatan pembelajaran langsung di lapangan ini menurut Onah (2008), termasuk dalam metode pembelajaran yang bertujuan untuk mencerdaskan, mendewasakan, dan membebaskan mahasiswa dalam mengembangkan pemikiran mahasiswa (Learning to think), menambah pengalaman mengajar (Learning by expirience), menimbulkan rasa peduli (Learning to care), dan rasa tanggung jawab terhadap masyarakat sekitarnya (Learning to live together).
Disela-sela kegiatan ini, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kelurahan Tambelan Sampit memperkenalkan minuman dan kudapan khas kampong tambelan sampit kepada semua peserta kegiatan kuliah lapangan dengan menyuguhkan minuman air serbat dan kudapan khas kampong tambelan sampit. (nizar,arip)

banner 400x130

banner 400x130

banner 468x60